Nulis Teknologi Panduan Lengkap File OBB dan Proses Memasangnya!

Panduan Lengkap File OBB dan Proses Memasangnya!

Panduan Lengkap File OBB dan Proses Memasangnya

Banyak dari kita mungkin membaca nama ini untuk pertama kalinya dalam konteks Android. Jika ya, sudah saatnya kamu mengetahui apa itu file OBB dan bagaimana cara memasangnya pada ponsel Android.

Saya akan memberikan informasi dan mengalaman Android yang lebih baik, dengan membuat konten terbaik yang terkait dengan OS Android.

Pertama Apa Itu File OBB?

Mereka yang mencari panduan memasang file OBB ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu apa itu file OBB (Opaque binary blob).

Pengembang Aplikasi Android menyimpan informasi gambar dan grafik aplikasi mereka dalam file Apk (Application Package File), tetapai hal itu kadang tidak cukup untuk aplikasi besar. Jadi, file OBB ini kemudian memungkinkan pengembang untuk menyimpan sisa data aplikasi.

Ketika menggunakan file OBB, data akan disimpan disana dalam bentuk terenkripsi yang terdiri dari file Grafik dan Media lainnya. Perlu diketahui file OBB pada dasarnya adalah ekstensi file seperti APK, RAR, EXE, dll. Untuk lebih memperjelas konsep file OBB, mari kita mulai saja cara pemasangannya pada ponsel Android.

Apa Yang Harus Disiapkan Saat Memasang File OBB?

Sebelumnya, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa persyaratan yang kamu perlukan untuk mulai memasang file OBB di ponsel Android.

Jika masih belum memilikinya kamu dapat mencari sumber file APK dan OBB dari internet, tetapi disini saya berasumsi bahwa kamu sudah memilikinya. Dan beberapa hal lainnya yang dapat kamu siapkan adalah sebagai berikut :

  1. Berkas OBB dan Berkas APK.
  2. WinRAR For Android.

Setelah kamu sudah mengkonfirmasi ketersediaan persyaratan di atas, kamu sudah bisa melanjutkan untuk proses pemasangan file OBB pada ponsel Android.

Bagaimana Cara Pasang File OBB?

Kamu harus memulai terlebih dahulu dengan menginstall file APK, sebagai informasi disini saya akan mencoba pasang OBB game Free Fire. Jadi, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menginstall file APK Free Fire pada perangkat Android.

  1. Buka folder tempat kamu menyimpan file Apk Free Fire.Buka folder tempat kamu menyimpan file apk
  2. Klik file Apk jika muncul notifikasi “Sumber tidak dikenal” klik “Setelan“.Sumber tidak dikenal
  3. Selanjutnya geser togle di samping “Izinkan dari sumber ini“. Saat muncul pop-up klik Terima, jika sudah aktif klik tombol kembali.Izinkan dari sumber ini
  4. Instal file APK lagi dan tunggu sampai prosesnya selesai.Instal file APK lagi
  5. Jika proses instalasi sudah selesai aplikasi jangan langsung dibuka klik “Selesai“.proses instalasi sudah selesai

Selanjutnya proses memasang file OBB. Berikut langkah-langkahnya dimana kamu harus meletakkan file OBB dan ikuti panduan ini dengan teliti.

  1. File OBB masih berada dalam format ZIP. Disini kamu perlu RAR For Android untuk mengektraknya.File OBB masih berada dalam format ZIP
  2. Buka RAR For Android dan arahkan ke folder dimana kamu menyimpan file OBB.Buka RAR For Android
  3. Beri centang dan klik icon ekstrak seperti pada gambar yang diberi tanda dibawah ini.Beri Centang File OBB
  4. Selanjutnya pastikan folder tempat dimana kamu akan menyimpan file OBB hasil ekstrak, jika sudah klik OK. Dan proses ektrak akan dimulai.Folder tempat hasil ekstrak
  5. Jika sudah selesai, buka folder hasil ektrak dan kamu akan melihat folder lagi yang jika dibuka berisi file OBB.Data OBB Free Fire
  6. Pindahkan folder tersebut ke Penyimanan Internal > Android > OBB. Jika folder OBB tidak ada kamu bisa membuatnya secara manual dengan mengklik tombol “Buat Folder Baru“.Pindahkan folder OBB
  7. Pastikan proses pemindahan sudah berhasil.Pastikan proses pemindahan sudah berhasil
  8. Jika sudah kamu bisa menjalankan Aplikasi dengan leluasa.Jalankan Game

Itu saja tentang cara memasang file OBB FF di perangkat Android. Kamu sekarang dapat menikmati game tanpa harus khawatir aplikasi akan mendownload lagi file secara otomatis yang ukurannya besar itu.

Kesimpulan

Kami sebagai pengguna Android sangat sedikit yang mungkin tahu tentang aspek teknis perangkat kami, kami tidak tahu bahwasannya ponsel dapat dimanfaatkan dengan lebih baik untuk berbagai tujuan. Hanya dengan menginstall aplikasi gratis dari google play store tidak cukup dan oleh karena itu kami membuat panduan ini untuk para pembaca kami yang masih belum tahu cara memasang file OBB.

Karena langkah-langkah diatas saling terkait, sangat penting untuk kamu mengikuti setiap langkah dengan hati-hati. Dan jika masih ada yang kurang dimengerti silahkan tulis komentar kamu dibawah.

84 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.