Panduan Menulis

Halaman Panduan Menulis

Selamat datang teman-teman, saat ini kamu sebagai pengunjung situs nulis.net juga dapat berpartisipasi dengan menulis atau membuat tutorial di situs ini. Nantinya akan sangat bermanfaat jika kamu bisa meluangkan waktu untuk berkontribusi karena artikel yang kamu tulis akan di baca oleh jutaan orang.

Jika memutuskan untuk bergabung dengan situs ini kamu bisa menulis dengan tema apa pun, karena kami tidak membatasinya. Misalnya saja tema gaya hidup, teknologi, tutorial, tempat wisata, kuliner, dll. Namun kami lebih menyukai konten yang viral atau sedang ramai.

Meskipun bisa menulis dengan tema bebas, kamu tidak boleh curang dengan mengcopas tulisan dari web orang lain maupun tulisan yang sudah tayang pada situs nulis.net. Karena kami akan mereview setiap tulisan yang di kirim secara manual, sehingga jika kami menemukan kecurangan maka tulisan tersebut akan langsung di tolak.

Panduan Menulis di Situs Nulis.net

Agar tulisan dapat diterima maka kamu harus mengikuti standar penulisan yang sudah di tetapkan pada situs nulis.net ini. Berikut adalah standar penulisan yang wajib kamu terapkan.

1. Tulisan yang kamu kirimkan minimal 350 kata dan asli gaya penulisan kamu sendiri bukan hasil copy paste dari blog atau situs lain.

2. Jika terdapat kata yang menunjukkan sesuatu wajib kamu bold misalnya:

Untuk mengaktifkan hotspot pada ponsel Android kamu harus membuka Settings > Portable hotspot setelah itu geser togle di samping Portable hotspot.

3. Gambar featured / thumbnail wajib buatan sendiri (vector atau kartun kecuali jika artikel tentang fotografi). Kamu juga bisa mencari gambar “no copyright” dari situs freepik.com atau sejenisnya. Jangan terlalu banyak tulisan pada thumbnail buat sesederhana mungkin.

4. Jika ingin menggunakan heading, pastikan kamu menggunakan Heading 3 dan untuk sub-heading gunakan Heading 4.

5. Ketika artikel yang kamu tulis panjang, gunakan maksimal 3 (tiga) kalimat dalam setiap paragraf. Hal ini bertujuan agar tulisan yang kamu buat tetap enak di baca.

6. Masukkan gambar pendukung dengan lebar minimal 650 piksel. Sedangkan jika kamu menulis tutorial pastikan untuk menyertakan gambar dengan jelas. Tidak wajib menggunakan simbol, kecuali informasi pada gambar susah di bedakan atau di mengerti. Namun jika ingin menggunakan simbol sebagai penunjuk, gunakan kotak atau tanda panah.

Ketika menulis tutorial seperti langkah-langkah pada ponsel Android, iPhone, dan lainnya yang menggunakan banyak gambar, pastikan untuk menggabungkan 2 gambar hasil screenshot menjadi 1. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak gambar yang di upload, karena lebih banyak kalimat lebih baik dan di sukai.

Contoh pembuatan gambar

7. Pastikan untuk membuat kalimat penutup, kesimpulan, atau yang lainnya.

8. Sebelum mengirimkan tulisan, di wajibkan untuk melakukan pengecekan duplikat konten. Jika terdeteksi kalimat sama, baik itu dari situs nulis.net atau web lainnya maka tulisan tidak akan di terima. Gunakan tools plagiarism yang ada pada situs ini https://smallseotools.com/plagiarism-checker/.

9. Setelah semuanya selesai, kirim artikel beserta gambar yang sebelumnya sudah di kompresi menjadi file zip ke email [email protected].

10. Tunggu balasan email dari kami.

11. Jika berminat kirim CV dan Portofolio ke https://forms.gle/X9MkT1VgzAg5beCo8

Pembayaran

Dengan berkontribusi pada situs ini, kamu akan mendapatkan bayaran dari artikel yang kamu tulis. Untuk harga artikel yang berhasil terbit berkisar antara Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 per artikel. Harga di tentukan dari panjang kata dan kualitas.

Kami harap kamu dapat meluangkan waktu untuk berbagi dengan sesama melalui situs ini.

Terima Kasih

*Syarat dan ketentuan yang berlaku dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Update : 31 Desember 2021