PAPANBACA News Posisi Tangki Moto GP Bukan Depan Jok !!

Posisi Tangki Moto GP Bukan Depan Jok !!

Posisi tangki pada umumnya kalau disebuah motor itu ada di bawah jok. Kecuali kalau motor – motor tipe laki, sport gitu posisinya berbeda lagi, bukan di bawah jok, melainkan ada di depan jok. Tapi ada satu motor yang unik nih. Tau Moto GP kan ?

Iya itu loh, ajang balap motor yang sangat bergengsi banget. Bahkan sudah menjadi ajang balap internasional loh. Bahkan Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah dari ajang motor balap internasional ini loh, tepatnya sih pada tahun 2021 yang lalu.

Pada ajang balap motor Moto GP ini. Motor yang dipakai bukan sembarangan motor ya. Melainkan motor yang mempunyai spesifikasi yang khusus, mulai dari kecepatan, berat, mesin yang dipakai bahkan roda yang diapakaipun harus dan wajib diperhatikan juga.

Tapi disini ada yang unik. Ternyata letak posisi tangki dari motor Moto GP bukan depan jok. Lah terus dimana nih ?

posisi tangkiJadi untuk letak posisi tangki motor moto GP ini sendiri, sebetulnya bukanlah di depan jok tapi ada dibawah jok. Hal ini bukanlah iseng ya, atau modifikasi baru biar kece. Tapi hal ini punya tujuan yang penting untuk kelangsungan jalannya motor di sirkuit balap loh.Apalagi ketika menghadapi track yang penuh tikungan di setiap balapnya.

Tangki moto GP diletakkan dibawah jok, Tujuannya sendiri untuk distribusi berat, untuk memusatkan titik berat motor, untuk terciptanya keseimbangan motor ketika di sirkuit balap, agar tidak mengalami permasalahan yang berakibat motor jatuh pada saat berbelok di tikungan. Karena dalam perlombaan ini, ketika berbelok di tikungan tidaklah asal belok. Tapi juga ada perhitungan dari segala aspeknya ya. Bahkan ada alasan dibalik kenapa para joki moto GP posisi badannya miring ketika berbelok.

Baca juga ya Kenapa da batu kerikil di rel kereta api ?

posisi tangkiSedangkan kalau untuk lubang pengisiannya sendiri, masih sama kok dengan motor pada umumnya depan jok. Bedanya saja dengan motor sport lainnya, tangki motor moto GP ini sendiri bentuknya memanjang kebawah jok. Hayo-hayo siapa nih yang awalnya ngira tangki motor moto GP di depannya jok ? Kalau dibawah jook terus apa isinya tangki di depan jok ?.

Kemudian di tangki motor moto GP , ditempeli spons juga, berguna untuk menghindari pergeseran berat berlebihan saat berganti arah terutama saat menikung. Karena hal itu sangat penting sekali ketika posisi motor dalam belok tingkungan. Meskipun sekilas terlihat sepele, tapi juga beperan penting dalam dunia moto GP ya. Dan ada perhitungannya juga.

posisi tangkiNah terus apa isinya tangki di depan joknya ? jadi untuk isi dari tangki yang ada di depan jok tersebut adalah Airbox atau kotak udara, yaitu bilik kosong di pintu masuk sebagian besar mesin pembakaran. Yang mana fungsinya sendiri untuk mengumpulkan udara dari luar, yang nanti akan dimasukkan ke selang asupan masing-masing silinder pada mesin motor moto GP.

Jadi banyak orang yang tertipu dengan posisi tangki dari motor mot GP ini loh, banyak yang ngira kalau tangkinya ada di depan jok, karena lubangnya di depan jok. Padahal tidak ya. Tapi di bagian bawah jok. Emang sih kalau kita llihat dari kejauhan atau sekilas gitu, memang betul yang terlihat posisi tangki motor ada di depan jok.

Tapi kenyatannya ada dibawah jok. Memang ya motor moto GP ini unik banget sih. Dan itu masih dari tangki ya, belum lagi kalau roda motor moto GP yang dipakai juga klhusus loh, tergantung cuaca juga. Bahkan bahan bakar dari motor moto GP, menggunakan bahan bakar setara dengan pertamax turbo loh.

Jadi selama ini siapa nih yang ketipu dengan tangki dari mototr Moto GP ?. Kembali lagi ya, tangki ini di setting seperti itu karena ada perhitungan yang bisa memberikan efek ketik pembalap melakukan manufer pada saat tikungan tajam di sirkuit lapangan. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan baru kalian ya, kalau tangki moto GP itu letaknya dibawah jok. Tentunya dong bisa menginspirasi kalian. Yuk baca artikel lainnya di papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *