PAPANBACA Industri Prospek Jurusan Teknik Nuklir yang Langka di Indonesia

Prospek Jurusan Teknik Nuklir yang Langka di Indonesia

Teknik nuklir memang bisa dikatakan masih sedikit dan langka di Indonesia. Terpantau Teknik Nuklir sendiri yang ada di Indonesia saat ini bre, ada 2 perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Yang pertama ada di Universitas Gadjah Mada atau UGM, serta satunya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir- Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN).

Meskipun bisa dikatakan jurusan satu ini langkah, di Indonesia cuman ada 2, apakah prospek kerjanya juga ikutan langkah ?

Di era sekarang, justru prospek dari jurusan ini ketika lulus, bisa dikatakan sangat dibutuhkan sekali. Apalagi semakin banyak energi alternative yang dibutuhkan sebagai energi baru di era sekarang dan masa depan. Jadi jangan takut ya, akan prospek jurusan satu ini.

Berikut adalah prospek dari jurusan teknik nuklir di Indonesia

1. Perusahaan Minyak
Di Indonesia diketahui beberapa ada perusahaan minyak yang masih aktif. Hal ini menjadi peluang untuk para lulusan jurusan ini. Apalagi mata kuliah termodinamika dan mekanika fluida bisa menjadi bekal lulusan teknik nuklir bisa masuk ke perusahaan minyak dengan mudah.

2. Perusahaan Tambang
Selain tadi, bisa berkarir dalam bidang pertambangan. Tentunya lulusan jurusan ini tidaklah bekerja dalam lapangan atau pekerja kasar, tapi bekerja dengan keahlian yang dimiliki.

3. Perusahaan Energi
Lulusan teknik nuklir juga bisa berkarir dalam perusahaan energi. Dalam jurusan ini sendiri mata kuliahnya ada yang menyangkut seputar energi. Itu jadi bekal berkarir di perusahaan energi.

4. Menjadi Bagian BATAN
Selain perusahaan, para lulusan jurusan teknik nuklir, juga bisa berkarir dalam bidang penelitian yang bergabung jadi bagian dari BATAN. Selain memanfaatkan ilmu juga bisa berkontribusi ke negara.

5. Join Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Juga bisa join ke instansi pemerintahan dalam bidang pengkajian dan penerapan teknologi. Instansi ini dibawah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang fokus penelitian di bidang teknologi.

teknik

6. Join Kementerian ESDM
Bisa juga berkarir dalam kementerian ESDM. Disitu kamu bisa mengeksplorasi sumber energi yang sangat besar di Indonesia. Dan mengetahui bagaimana proses pengolahan, eksplorasi dan lainnya.

7. Join perusahaan swasta
Bagi yang ingin berkarir di selain pemerintahan dan BUMN. Bisa juga lulusan teknik ini berkarir dalam perusahaan swasta. Baik itu perusahaan dalam negeri luar negeri.

8. Menjadi Peneliti
Gak cuman observasi saja nih. Selai itu juga bisa bekerja sebagai peneliti dan periset untuk sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia.

9. Jadi Pengajar
Selain jadi peniliti, bisa juga berkarir jadi pengajar juga. Meneruskan jenjang S2 dulu dan kembali ke kampus untuk menjadi pengajar atau dosen di jurusan yang sama.

10.Kerja di Rumah sakit
Eits, kalau di rumah sakit kamu bisa berkarir. Menjadi seorang ahli radiologi di rumah sakit yang ada di dalam maupun luar negeri.

teknik

Dari penjabaran diatas, tidak menutup kemungkinan jika jurusan teknik nuklir masih luas terkait prospek kerjanya ya.

Teknik nuklir sendiri sangat bisa dikatakan baru. Apalagi Pembangkit Energi Listrik Tenaga Nuklir sekarang banyak yang mengembangkannya di berbagai negara. Untuk di Indonesia sendiri energi nuklir ini masih terus jadi penelitian. Tetapi sudah ada beberapa daerah yang menjadi target atau rencana untuk membangun reactor nuklir. Kira-kira di jurusan teknik knuklir belajar terkait mata kuliah apa ya ? tunggu di artikel selanjutnya yabre, terus pantau dan cek di situs papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *