PAPANBACA Industri Peluang Besar Prospek Kerja Anak Elektro Yang Belum Diketahui

Peluang Besar Prospek Kerja Anak Elektro Yang Belum Diketahui

Ternyata prospek kerja anak elektro, banyak yang belum tahu. Kalau dilihat dari orang lain atau dari tetangga pasti dikira nantinya jadi tukang service TV, radio, tukang reparasi listrik. Padahal prospek kerjanya luas bahkan bisa dimanapun, perusahaan, intansi pemerintahan, startup dan banyak lainnya. Sangat membutuhkan yang namanya lulusan dari jurusan elektro. Baik untuk jadi teknisi, maupun jadi tim teknologi dari tempat kerja tersebut.

Sebelum tau prospek kerja anak elektro.

Tahu gak, kalau jurusan Teknik Elektro adalah jurusan bisa dibilang primadona bagi mahasiswa. Jurusan ini mempelajari tentang listrik arus kuat/lemah, listrik AC/DC, tegangan tinggi dan rendah, dan masih banyak lainnya gak cuman listrik. Nah kenapa kok jadi primadonya mahasiswa, soalnya prospek kerjanya tadi yang sangat diimpi-impikan. Tentunya bukan yang disebutin di awal ya.

Berikut prospek kerja anak elektro

1. Electrical Design Engineer

prospek kerja anak elektro

Dengan semakin berkembangnya zaman dan peralatan produksi secara otomatis, jadi gak heran banyak yang membutuhkan profesi ini. Profesi ini mempunyai peran dalam mengembangkan ide serta menyusun sistem menggunakan program komputer dalam membuat kelistrikan.

Nantinya digunakan dalam berbagai sistem aplikasi. Selain itu juga, akan bertanggung jawab dalam mengembangkan spesifikasi dan tata letak suatu sistem. Jadi sangat keren pada profesi satu ini. Cocok untuk kamu yang suka berbau riset dan penelitian, serta desain.

2. Aerospace Engineer

prospek kerja anak elektroProfesi ini, bisa langsung terlibat dengan perusahaan nasional bahkan internasional, serta teknologi-teknologi baru dalam bidang dirgantara. Berkarir di profesi ini, mempunyai tugas dalam penelitian, membuat desain, pengembangan, pemeliharaan.

Selain itu juga, punya tugas yang gak kalah penting dalam uji coba kualitas dan kemampuan suatu pesawat militer/sipil, satelit, bahkan pesawat luar angkasa. Nah biasanya profesi ini bisa mengetahui pesawat-pesawat yang akan di launching, sebelum hari H.

3. Software Engineer

Anak elektro selain menggeluti di bidang elektro, listrik atau mesin. Juga bisa berkarir di bidang perangkat lunak sebagai Software Engineer. Disini akan menangani berbagai pengembangan software atau perangkat lunak.

Mulai dari analisis kebutuhan, rancangan arsitektur, testing, development, sampai maintenance. Apalagi di era sekarang, banyak perusahaan yang sangat membutuhkan misalnya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Traveloka, Detik.com dan lainnya.

Baca juga : Prospek kerja dari teknik perminyakan

4. Biomedical Engineer

prospek kerja anak elektroSelain tadi, anak teknik elektro juga bisa loh berkarir di bidang kesehatan. Tepatnya berkarir menjadi Biomedical Engineer. Profesi ini mempunyai tugas menggabungkan prinsip ilmu teknik dengan ilmu medis serta biologi. Yang nantinya bisa terciptanya sebuah alat atau teknologi yang bisa membantu para pasien untuk kebutuhan akan kesehatannya.

Yang sudah disebutkan tadi dalam profesi ini itu, untuk membentuk suatu peralatan ataupun perangkat dan software yang bisa digunakan pada bidang kesehatan. Jadi seperti engineer tapi bergerak di bidang kesehatan. Tepatnya pada bagian teknologi kesehatannya. Profesi di bidang ini sedang naik daun nih, bahkan jurusan untuk bidang ini beberapa kampus sudah ada yang membuka.

5. Robotic Engineer

prospek kerja anak elektroDi zaman sekarang sudah gak kaget lagi kalau perkembangan robot terus bermunculan. Mulai dari robot pelayan, bahkan ada yang berteknologi kecerdasan buatan. Dengan adanya perkembangan ini gak heran lagi kalau lulusan Teknik Elektro sangat mempunyai peluang besar berkarir menjadi Robotic Engineer.

Nah karena di zaman sekarang yang banyak robot. Hal ini bisa menjadi pintu untuk kamu dalam berkarir di bidang engineer. Bahkan banyak lulusan teknik elektro yang etrjun ke dalam bidang satu ini. Jadi tenang ya prospek kerjanya cukup banyak.

6. Perusahaan BUMN

Siapa yang gak berkeinginan berkarir di BUMN kan. Terutama dalam hal benefit yang banyak sekali bisa didapatkan, mulai dari jenjang karir, gaji yang tinggi, jaminan asuransi, bahkan ada beasiswa Pendidikan. Tentunya gaji juga ya yang bisa mencapai beberapa juta nih. Pokoknya bisa diatas UMR kota besar nih.

Jadi gak heran BUMN sangat jadi idaman para lulusan mahasiswa, anak teknik elektro juga bisa kok. Banyak perusahaan BUMN yang sangat membutuhkan lulusan teknik elektro, seperti PT. PLN, PT. Telkom Indonesia, PT. Dirgantara Indonesia, PT. PAL Indonesia.

Nah itulah prospek kerja anak elektro yang perlu kamu ketahui.

Yang bisa jadi rekomendasi dan tujuan kamu berkarir ya. Jadi jangan takut nih kalau dikira sama tetangga jurusan Teknik Elektro kalau lulus kerjanya nyervis tv, radio, jadi tukang listrik. Yang terpenting mempunyai kemauan dan tekad yang kuat ya. Yuk kunjungi juga artikel menarik lainnya di papanbaca.

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *