PAPANBACA News Rahasia Dibalik Tangki Truk BBM Pertamina

Rahasia Dibalik Tangki Truk BBM Pertamina

Tangki truk BBM Pertamina, mungkin sudah sering kita jumpai lalu lalang di sekitaran kita. Apalagi untuk yang rumahnya dekat dengan SPBU. Jadi gak asing lagi ketika ketemu sama mobil merah putih alias mobil truk BBM ini ketika papasan dijalan.

Mobil ini masuk dalam kategori truk trailer, cuman muatan yang dibawa oleh truk ini bukanlah bak, melainkan tabung. Kendaraan ini sanagatlah besar dibandingkan dengan truk kecil pada umumnya. Jadi wajar jika ada larangan jaga jarak pada truk tangki ini, karena blind spot atau sudut cela supir sangatlah sedikit. Makanya disuruh jaga jarak ya.

Truk ini sendiri merupakan armada khusus yang dikeluarkan oleh Pertamina. Untuk mengisi dan memenuhi stok kebutuhan bahan bakar SPBU yang ada di seluruh wilayah Indonesia. SPBU nya sendiri bisa dikatakan sangat banyak loh, yang tersebar dimana-mana. Bahkan di perkotaan bisa lebih dari satu.

Truk tangki ini kalau dilihat sekilas dari luar, memang seperti truk-truk pada umumnya. Tapi siapa sangka kalau truk tangki BBM ini mempunyai suatu rahasia yang disimpan di balik truk ini. Bahkan beda dengan truk-truk lainnya.

Banyak orang bertanya-tanya nih, truk tangki ini apakah cuman membawa satu jenis bahan bakar, atau gimana. Tapi yang lebih heran lagi kan jalan tuh, apalagi jalanan di Indonesia banyak yang belum semulus jalan-jalan di luar negeri. Jadi apakah bisa stabil ya bahan bakar yang diangkut sama truk satu ini. Nah hal-hal itu mari kita ungkap disini, rhasia dari truk merah putih ini alias truk tangki BBM Pertamina.

Yuk gas langsung, kepoin rahasia dibalik tangki truk BBM satu ini

Jenis BBM yang diangkut gak cuman satu

tangki trukBaru tau bukan ? kalau sekali jalan, truk tangki BBM Pertamina, ternyata bisa ngangkut dan muat beberapa jenis BBM nih. Nah selama ini tuh banyak yang ngira kalau truk satu ini cuman ngangkut satu jenis BBM. Tangki ini sudah didesain secara kompartemen dalamnya itu.

Jadi setiap kompartemen nih, punya kapasitas sekitar 8.000 liter, banyak gak tuh. Eits gak cuman itu saja,tapi kapasitas tangki dari truk ini juga beragam loh. Ada yang berkapasitas 8.000 liter, bahkan ada sampai 40.000 liter.

Kemudian nih, untuk yang kapasitasnya berjumlah 8.000 liter. Itu cuman bisanya ngangkut dan muat satu jenis BBM doang. Nah kalau tangkinya kapasitas 16.000 liter, 18.000 liter, 24.000 liter dan 32.000 liter, emang didesain terdapat kompartemen yang bisa diisi beberapa jenis BBM.

Baca juga yuk Besaran gaji dari pegawai Pertamina

Di dalamnya ada sekat-sekatnya antar BBM

tangki trukKalau ngangkut beberapa BBM, bakalan kecampur dong ? tentu nggak kok, gak bakalan kecampur antara BBM satu dengan lainnya. Soalnya di dalam tangki BBM Pertamina ini sendiri. Terdapat sekat-sekat yang memisahkan antara jenis BBM satu dengan lainnya.

Bahkan gak cuman disitu sih, sekat-sekat ini juga selain berfungsi sebagai pemisah. Sekat-sekat ini juga punya peran penting untuk menjaga kestabilan muatan yang diangkut ketika dalam perjalanan. Agar tidak terjadi dan mencegah yang Namanya kebocoran, ketika melewati jalan yang bergelonjang dan rawan guncangan.

tangki trukKemudian kalau tangki cuman muat satu jenis BBM sesuai dengan kapasitasnya. Di dalamny sama kok ada sekat-sekat pembatasnya, cuman yang membedakan kali ini, di tiap-tiap sekat terdapat lubang, jadi sekat-sekat tersebut tidak tertutup seperti tangki yang memuat beberapa jenis BBM.

Fungsinya juga sama kok, tidak jauh beda dari yang sebelumnya, yaitu juga menjaga kesetabilan isi muatan ketika melewati jalan yang gak rata atau berlubang dan bergelombang. Agar terhindar dari yang Namanya kebocoran. Cuman yang membedakan kali ini hanya pada sekatnya yang tidak tertutup rapat.

Isi yang dimuat tidak penuh

Banyak yang mengira nih, isi dari muatan yang ada di tangki truk BBM tidaklah penuh sampai gak ada celah sama sekali. Tapi isi dari muatan tangki truk BBM Pertamina sendiri, jenis dan jumlahnya tergantung dari permintaan tiap SPBU ya. Jadi tiap mobil-mobil tangki BBM Pertamina yang jala, isinya tidaklha sama ya. Kembali lagi ke tiap-tiap SPBU mintanya berapa.

Nah untuk isi muatannya sedniri yang sudah disebutkan tadi nih. Kalau ada beberapa isi muatan yang ada di tangki BBM Pertamina. Yaitu 8.000 liter ( 8kl ), 16.000 liter ( 16kl ), 24.000 lliter ( 24kl ), 32.000 liter ( 32kl ), 40.000 liter ( 40kl ). Dan hal ini sesuai dengan permintaan tiap SPBU ya.

Wah ternyata begitu ya, rahasia dibalik tangki truk BBM Pertamina nih

Kira-kira siapa yang masih belum tahu atau masih barusan tahu nih ? Memang kalau berurusan dengan distribusi bahan yang bisa dan rawan terjadinya kebakaran atau ledakan ketika bocor. Wajib harus memperhatikan yang namanya safety. Oleh karena itu pengecekan terhadap truk tangki juga harus dan wajib secara berkala. Agar gak terjadi hal-hal yang membahayakan saja. Begitu ya rahasinya, yuk mari baca artikel menarik lainnya di situs kami papanbaca.

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *