PAPANBACA Pengetahuan Rahasia Orang India Sakti di Teknologi dan Coding

Rahasia Orang India Sakti di Teknologi dan Coding

Orang India pasti banyak kamu temui ketika sedang berselancar di internet apalagi di youtube. Contohnya ketika kamu sedang mencari video tentang teknologi-teknologi ataupun bidang teknik informatika. Hampir semuanya ketika kamu mencari sebuah solusi tentunya dengan kata kunci Bahasa Inggris. Kamu rata-rata akan disajikan dengan konten-konten orang India dalam pembahasan hal yang sedang kamu cari.

Kalau kamu tahu, memang sih dari sejak dulu yang paling menonjol dari India sendiri adalah hiburannya di layar kaca atau film tentang bollywodnya. Contoh saja seperti bintang yang sudah terkenal di seluruh dunia yaitu Sharulkhan. Meskipun begitu banyak hal yang belum kamu ketahui selain di bidang layar kaca, orang India juga terkenal atas kemampuan-kemampuan mereka selain itu.

Yaitu orang India sering dikenal dengan sakti atau jago di bidang teknologinya. Apalagi dalam bidang berbau komputer seperti teknik informatika sendiri. Hampir di berbagai negara kamu bisa menemui orang India juga. Entah di Amerika, atau di negara-negara eropa lainnya. Kemudian kembali lagi jika kamu mencari sebuah jawaban atas permasalahan kamu di bidang teknologi, atau informatika.

Kamu akan mendapatkan solusi tersebut kebanyakan juga dari video orang India. Ya meskipun dengan pembawaan yang terkesan unik, karena dari logat aksen mereka ketika berbicara dalam Bahasa Inggris. Malahan ketika mereka menjelaskannya pun bisa detail banget loh. Sehingga yang disampaikan itu sampai ke para penonton video mereka. Hebat juga kan ?

Apalagi kalau dalam hal coding mereka seolah menjadi dewa penolong bagi para mahasiswa semester akhir yang sedang ngerjain tugas akhir atau skrispsian. Disanjung-sanjung banget loh pastinya. Dan gak cuman di youtube saja, bahkan di forum-forum lainnya, banyak orang India yang merespons terkait pertanyaan tentang sebuah permasalahan. Tapi apakah kamu tahu, kok bisa ya orang India bisa jago banget dalam hal teknologi apalagi coding ?

Jadi ini alasan kenapa orang India jago bidang teknologi bahkan coding

Dari budaya literasinya

Diketahui nih dari buku Geek Nation, How Indian Science is Taking Over The World yang mana buku ini sendiri dibuat dan ditulis langsung oleh Angela Saini. Buku ini menjadi bukti yang  menceritakan tentang literasi orang India pada jaman dulu yang sudah membangun budaya literasinya. Bahkan diketahui buku atau manuskrip ini sendiri sudah ada sejak ratusan tahun dahulu loh sebelum masehi. Hebat banget bukan orang India di jaman dulu.

Iya betul, buku atau manuskrip itu tadi sudah ada sejak 700 tahun sebelum tahun masehi. Hebatnya lagi nih orang-orang India sendiri di 700 tahun sebelum masehi, mereka sudah belajar dalam hal Analisa. Atau lebih tepatnya mereka semua sudah menganlisis perhitungan dalam matematika, seperti desimal, akar pangkat dua, aljabar, bahkan mereka juga menganalisis angka “0”. Pantas orang India bisa dibilang jago dalam hal teknik, karena memang budaya literasinya sudah terbangaun mulai sejak 700 tahun sebelum masehi.

Rela merantau dalam hal pendidikan

Kalau dalam hal pendidikan, orang India memang sangat antusias dan selalu bersemangat dalam hal pendidikannya. Mereka sangat menjunjung yang namanya pendidikan, tentunya orang Indianya sendiri juga sangat bersemangat dalam menempuh pendidikan. Bahkan mereka sampai dibelain apapun untuk menempuh pendidikan saetinggi mungkin. Dan selalu haus akan ilmu pengetahuan di pendidikan.

Kalau pendidikan, mereka bahkan rela dan gak segan untuk melakukan migrasi ke Amerika Serikat untuk mencari bangku perkuliahan di bidang IT dan teknologi di universitas yang ternama dan terkenal akan prestasinya. Seperti universitas MIT. Malahan nih jumlah imigran yang mengambil kuliah di IT dan teknologi lebih banyak daripada warga lokalnya sendiri.

Mereka bahkan sudah menjadikan Bahasa Inggris menjadi bahasa ke dua mereka. Di India sendiri Bahasa Inggris sudah menjadi Bahasa mereka ketika duduk dibangku pendidikan SMA, dan perkuliahannya. Jadi gak heran mereka sangat tidak gentar untuk melakukan migrasi ke Amerika Serikat demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Kemudian dari pemerintahnya sendiri mendukung dan memberikan support untuk bisa belajar Bahasa Inggris secara gratis, untuk bisa dimanfaatkan oleh orang India dalam menempuh pendidikannya. Dan juga bisa mudah memahami Bahasa pemrograman tanpa bergantung dari bahasa aslinya mereka.

Persaingan yang tinggi dan ketat

India merupakan negara yang tingkat pertumbuhan dari penduduknya selalu meningkat dari tiap tahun ke tahun. Bahkan negara India diakui sebagai salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan yang besar. Dan hal inilah, adanya kondisi seperti ini, menjadi faktor bagi orang India kenapa bisa jago di bidang teknologi mauapun Teknik Informatika atau komputer.

Karena dengan kondisi negara India yang tingkat pertumbuhan penduduknya sangat tinggi. Sehingga munculah tingkat persaingan untuk mencapai apapun. Entah itu di bidang pendidikan, pekerjaan ataupun yang lainnya. Hal ini membuat mau tidak mau orang India harus bekerja keras dan belajar ekstra keras dan selalu memastikan apapun yang dilakukannya adalah hal yang terbaik yang dilakukan. Karena mereka mempunyai prinsip, kalau hari ini tidak melakukan yang terbaik, maka besoknya bisa tergantikan oleh orang lain.

Makanya gak heran kan kalau mereka pada jago di bidang teknologi ataupun coding. Dan juga mereka banyak yang membuat channel youtube. Karena beberapa faktor diatas itu lah yang mempengaruhi mereka. Apalagi semakain berkembangnya jaman semakin maju juga teknologi yang ada. Sehingga juga berpengaruh terhadap orang India. Apalagi banyak yang membutuhkan skill-skill di bidang teknologi. Hal positif yang bisa kita ambil adalah semangat mereka di dalam pendidikan bisa kita contoh nih. Tentunya semangat mereka dalam membaca juga, sepertik artikel menarik lainnya yang ada di situs papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *