PAPANBACA News Ratusan Mahasiswa di Bandung Terinfeksi HIV AIDS

Ratusan Mahasiswa di Bandung Terinfeksi HIV AIDS

Bandung – Diketahui beberapa hari lalu, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di Kota Bandung Jawa Barat, Mengungkapkan catatan penting dalam perkara soal HIV AIDS, khususnya dikalangan para anak di usia 20an. Bahwa telah tercatat hingga Desember 2021 kalau kasus penularan HIV AIDS ini, gak tanggung-tanggung ada sebanyak 12.358 orang pengidap HIV yang melakukan pelayanan kesehatan di Kota Bandung.

Pada jumlah tersebut, diketahui merupakan warga Kota Bandung atau ber KTP Kota Bandung dengan jumlah yang lumayan banyak sekitar 5.943 orang. Dan yang bikin kagetnya lagi dari sebanyaknya kasus yang tercatat ini, tak disangka kasus HIV ini didominasi oleh para kaum muda dengan rentan umur produktif antara 20-29 tahun.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Silvia Dewi. Yang dikutip oleh Detik Jabar lewat komunikasi telepon, pada selasa (23/8/2022).

“Paling banyak itu usia 20-29 tahun, persentasenya 44.84 persen, usia produktif banget,” ujar beliau.

Kasus HIV ini sendiri tidak buluh pandang dalam penularannya. Bahkan bisa semua kalangan dan profesi bahkan mahasiswa sendiri juga bisa terkena. Yang bikin kagetnya lagi kasus tersebut terjadi pada para mahasiswa Kota Bandung. Bahkan tak tanggung-tanggung, para mahasiswa yang terinfeksi terkena virus HIV dan hasilnya positif merupakan penyumbang terbanyak, mencapai 6,97 persen. Dengan jumlah sebanyak 414 mahasiswa Kota Bandung. Bisa dikatakan banyak banget dengan jumlah segitu.

Kejadian ini langsung ditanggapi oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Bandung, dengan melakukan langkah antisipasi dengan sosialisasi perihal tentang pergaulan bebas yang terjadi pada usia produktif atau remaja sampai dewasa. Seperti yang diucapkan oleh Kepala DPPKB Kota Bandung.

“Itu jadi warning buat kita semua, kita harus lebih intens edukasi lagi ke kaum remaja dengan usia produktif,” ujarnya beliau.

Sebenarnya apa itu HIV AIDS ?

bandungHIV atau Human Immunodeficiency Virus, adalah virus yang mana virus ini menyerang sistem kekebalan dari tubuh seseorang, alhasil dapat melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi serta penyakit yang sedang menyerang tubuh. Apabila penderita HIV tidak dikunjung diobati, virus ini bisa berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Ketika tubuh seseorang telah mengalami AIDS, tubuh tidak lagi punya kemampuan melawan infeksi dari adanya virus tersebut.

Berdasarkan situs Healthline, gejala atau tanda-tanda awal HIV yang menyerang seseorang, biasanya dikenal dengan sindrom retroviral akut. Dan gejala ini yang muncul pada seseorang biasanya mirip banget dengan orang terkena flu. Umumnya dari gejala HIV sendiri akan berkembang dalam kurun waktu sekitar 2 minggu sampai 4 minggu terhitung setelah mengalami penularan. Tapi beberapa orang tidak akan merasakan gejala awal setelah tertular virus HIV tersebut.

Gejala ini sendiri, bisa hilang dalam waktu yang bisa dikatakan cukup lama, sekitar 10 sampai 15 tahun. Tapi jangan dianggap virusnya sudah hilang ya, karena meskipun gejalanya sudah hilang, tapi virusnya masih tetap ada. Soalnya gejala ini termasuk kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan dengan baik dan teratur.

Berikut gejala awal ketika seseorang tertular HIV yang sering muncul yaitu

Mengalami sakit kepala, demam, kelelahan, nyeri sendi, selera makan hilang, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, ruam, nyeri otot sendi, sariawan di mulut, borok atau luka pada alat kelamin, keringat malam, diare, rasa tidak enak badan, nyeri otot, mual.

Penularan HIV bisa melewati

1. Hubungan seks tanpa pengaman

2. Memakai alat suntik bekas pengidap HIV

3. Ibu hamil atau menyusui, bisa menularkan pada bayinya

4. Transfusi darah bisa menularkan virus HIV

5. Oral seks

Itulah tadi informasi terkait HIV, dan hal tersebut bisa kita jadikan pengingat untuk menjauhi yang namanya pergaulan bebas, dan jangan sampai ingin mencoba-coba, karena dampak dari hal tersebut juga bisa mendatangkan sesuatu yang tidak kita inginkan. Apalagi mengingat ada temuan kasus ratusan mahasiswa di Kota Bandung yang dinyatakan kalau mereka positive HIV. Jadi semua harus berhati-hati terhadap virus mematikan ini.

Yuk baca artikel menarik lainnya di situs kami papanbaca.

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *