PAPANBACA Pengetahuan Rekomendasi Situs Jurnal Untuk Para Pejuang Skripsi

Rekomendasi Situs Jurnal Untuk Para Pejuang Skripsi

Jurnal merupakan sebuah tulisan dari seseorang maupun beberapa orang yang mana di dalamnya berisi sebuah laporan terkait suatu proses pembuatan atau penelitian dan bisa juga penemuan, yang mana sifatnya penting. Kemudian di bukukan menjadi sebuah laporan ke dalam bentuk jurnal. Dengan tujuan agar penemuan, penelitian, atau percobaannya diakui dan memiliki claim atas ide dan penelitian yang telah dilakukan.

Diketahui kalau di Indonesia sendiri, yang namanya jurnal ini sudah banyak yang membuat dan mempublishnya. Mulai dari jurnal ilmiah, teknik, peneletian sesuatu, pengembangan sesuatu, bahkan penemuan hal baru juga di bukukan ke dalam bentuk laporan.

Tentunya ya, hal-hal tersebut juga bisa bermanfaat untuk para generas-generasi setelahnya. Bisa jadi bahan referensi, untuk mencari ide dan topik, atau sekedar pengumpulan sebagai data. Yang mana nanti bis dijadikan bahan atau kumulan referensi ketika mengerjakan sebuah tugas akhir, atau yang biasa kalian kenal dengan nama skripsi.

Kalian sudah tau kan, kalau yang namanya skripsi tidak luput dengan yang namanya referensi jurnal, atau mengambil beberapa dari seseoang atau kelompok, yang meneliti pada bidang tertentu, kemudian diambil menjadi data atau bahan diskusi di laporan. Bahkan dari jurnal itupun kalian bisa menemukan sebuah solusi dari problem yang sedang kalian angkat menjadi topik skripsi. Jadi bisa dikatakan kalau ini mempunyai peran penting dalam proses pengerjaan skripsi kamu.

Jurnal ini sendiri kalau kalian ingin mencarinya, kalian bisa mencari jurnal-jurnal yang sudah disimpan di perpustakaan kampus, biasanya kalau disimpan di perpustakaan kampus kalian, jurnal yang tersedia adalah jurnal-jurnal milik kaka tingkat kalian yang pernah membuat atau meneleti sesuatu terseut.

Tidak cuman di perpustakaan. Di jaman sekarang banyak orang ataupun kelompok yang mendaftarkan atau mempublish jurna-jurnal terkait penelitiannya, percobaannya, ataupun penemuannya di dalam situs jurnal nasional, bahkan internasional. Dengan adanya hal tersebut tentunya bisa membantu kalian nih dalam mencari lebih mudah terkait jurnal yang sedang kalian butuhkan untuk pengerjaan proses tugas akhir.

Nah berikut merupakan situs jurnal yang bisa kalian manfaatkan

1. International Journal of Education and Research

International Journal of Education and Research atau yang biasanya disingkat dengan “Ijern”, merupakan salah satu situs cocok untuk kamu yang sekarang alagi mencari referensi-referensi untuk proses pengerjaan skrispsi kamu. Disini banyak yang sifatnya internasional, jadi kalian bisa menemui jurnal yang gak cuman di dalam Indonesia sendiri, tapi seluruh dari berbagai negara.

Situs ini berisikan review-review jurnal penelitian yang mana diterbitkan oleh ontemporary Research Center (CRC) Publication. Dan situs jurnal ini sangat cocok dan bagus untuk kalian semua baik para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, bahkan mahasiswa juga, untuk saling bisa berbagi ilmu. bisa masuk ke daftar list kalian nih yang para mahasiswa.

 

2. Academia

Mungkin kalian sudah gak asing lagi dengan situs yang satu ini. Situs ini bayak sekali dipakai oleh kalangan mahasiswa untuk mencari jurnal ataupun makalah yang dibutuhkan. Bahkan nih, banyak kalangan mahasiswa yang mengatakan kalau situs academia ini sudah seperti sosial media untuk para akademisi di seluruh dunia.

Academia sendiri memiliki konsep yang hampir mirip dengan facebook loh. Tapi bedanya academia ini sendiri situsnya berisi konten-konten yang mana berfokus pada tema seputar materi tentang pendidikan. Namun gak cuman berhenti disitu ya, kalian juga bisa mencari jurnal atau makalah di situs academia ini. Karena situs ini sendiri menyediakan berbagai macam, bahkan bisa sampai jutaan dan ratusan ribu tentang jurnal yang mana sudah dipublikasikan oleh para peneliti.

Tapia da yang perlu kalian perhatikan nih ketika mengunjungi situs ini untuk mencari sebuah referensi untuk skripsi kalian. Kalau academia ini bisa kalian dapatkan jurnal ataupun makalah dengan gratis, terdapat caranya sendiri. Yaitu kalian cukup dengan melakukan pendaftaran ke academia bisa memakai email atau yang lainnya.

 

3. Microsoft Academic

Selanjutnya ada situs yang bernama Microsoft Academic, yang mana situs ini juga bisa diandalkan untuk kalian mencari refensi jurnal atau makalah. Nah dis situs ini sendiri kalian bisa dapat begitu banyak sekali referensi-referensi penelitian yang telah di publikasikan. Pad situs ini sendiri terdapat fitur filter, yang bisa kalian manfaatkan dan membantu kalian untuk mencari referensi jurnal atau makalah yang sedang kalian butuhkan untuk keperluan skripsi kalian secara mudah dan spesifik.

Tentunya kalian gak usah khawatir ya, kalian bisa mendapatkan jurnal-jurnal yang ada di situs ini secara gratis. Bahkan kalian bisa mendapatkan layanan atau fitur lainnya dari situs ini berupa informasi jadwal call of paper dari sejumlah konferensi ataupun seminar yang bersifat terkenal sekali.

 

4. Google Scholar

Google Scholar situs ini masih ada kaitannya dengan mesin pencari terbesar yang ada di dunia ini. Google sendiri juga meluncurkan situs yang dapat membantu kalian para mahasiswa tingkat akhir untuk mencari ratusan ribu reerensi ilmiah atau jurnal ilmiah. Tentunya situs ini juga sama kok, ratusan ribu jurnal ilmiah bisa kalian dapatkan secara gratis.

Apalagi jurnal yang kalian dapatkan dari situs ini bisa dibilang lengkap, mulai dari sebuah tersis, jurnal, makalah, e-book, bahkan masih ada banyak lagi yang ada di situs ini. Nah situs ini juga bisa membantu kamu yang tengah berjuang untuk menyusun skripsi. Situs ini bisa dibilang cukup mudah juga untuk mencari jurnal-jurnal yang sedang kamu butuhkan.

Kalian gak usah repot atau ribet, cukup sederhana saja untuk melakukan sebuah pencarian jurnal di situs satu ini. Kalain cuman perlu memasukkan kata kunci yang relevan dengan apa yang kamu inginkan, di kolom yang sudah disediakan oleh situs ini sendiri. Gampangnya sih seperti kalian sedang menggunakan mesin pencari terbesar yaitu Google.

 

5. Perpustakaan nasional RI

Nah kalau yang satu ini, merupakan situs yang berasal dari dalam negeri sendiri, situs nasional, dari Indonesia. Nah kamu bisa nih memanfaatkan situs ini untuk mecari jurnal atau makalah penelitian, daripada kamu pusing mikirin jurnal yang sifatnya berbayar di beberapa situs. Itung-itung kalian bisa mencoba perpusnas ini.

Perpusnas sendiri didalam situs ii sudah banyak menyediakan begitu banyak referensi jurnal atau makalah. Nah asiknya di situs ini sendiri, jurnal-jurnal yang aslinya bersifat beerbayar untuk dapat memiliki jurnal tersebut. Di situs papernas sendiri kamu bisa menikmatinya secara gratis, soalnya di papernas jurnal-jurnalnya sudah disewa oleh pemerintah Indonesia loh. Mantul banget nih, bisa kalian manfaaatkan dengan maksimal nih fasilitas yang diberikan.

Tapi apakah yang gratis cuman berbahasa Indonesia saja ? tentunya enggak loh ya. Kalian gak usah khawatir di situs papernas. Disini kamu bakalan mendapatkan sebuah akses ke berbahasa Inggris, bahkan berasal dari sumber yang sangat terpercaya loh, contohnya saja dari Cmabridge University press dan Ebrary. Nah sama juga nih untuk kalian mendapatkan jurnal yang ada di situs ini, kalian bisa registrasi terlebih dahulu ya.

 

6. Sciencedirect

jurnalSebetulnya kalau yang satu ini juga gak jauh beda kok dengan yang sebelum-sebelumnya. Situs ini juga gak kalah kok, juga banyak menyediakan berbagai macam nih, bahkan makalah juga ada untuk kalian yang sedang membutuhkan untuk skripsi yang sedang kamu kerjakan. Di situs ini kamu bisa mencari jurnal yang kalian butuhkan dan dapat disesuaikan dengan apa yang kalian sedang butuhkan dan tentunya langsung mengunduhnya.

Tapi perlu kamu ketahui dan inget ya, kalau di situs ini ada sedikit yang berbeda loh. Bahwa jurnal, artikel buku, atau makalah yang sedang kamu cari, itu gak semuanya bersifat gratis dan bisa kamu download langsung. Ada juga yang sifatnya berbayar. Tapi gak ada salahnya sih kalian bisa mencoba situs ini juga untuk mencari referensi yang sedang kalian butuhkan.

 

7. ResearchGate

jurnalSitus yang satu ini banyak orang yang menjuluki, kalau situs ini merupakan berkumpulnya para peneliti di seluruh dunia. Ya emang gak heran sih, kalau situs ini bisa jadi salah satu di list kalian yang bisa dicoba untuk dijelajah mencari referensi jurnal, artikel buku, ataupun makalah untuk bahan dari skripsi kalian.

Bahkan di ResearchGate sendiri ada yang beda loh, yaitu disini kalian bisa melakukan diskusi secara publik, karena situs ini terdapat ruang diskusi secara publik. Jadi ketika kalian bingung, kalian bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang kalian rasa butuh ditanyakan banget. Bahkan bisa juga melakukan sebuah diskusi terkait penelitian misalnya.

Perlu kalian ketahui nih, kalau dengan melakukan berbicara dengan orang banyak di sebuah ruang diskusi, bisa menumbuhkan inspirasi kamu dalam menulis skripsi kamu yang sedang berjalan. Tapi di sini sendiri ternyata gak semuanya yang bisa kamu dapatkan gratis ya. Tapi ada juga yang sifatny berbayar.

 

8. ScienceOpen

jurnalSelanjutnya ada situs ScienceOpen, yang bisa kalian jadikan list daftar kamu untuk mencari referensi yang sedang kalian butuhkan. Situs ini sendiri memang difungsikan untuk jaringan berbagai penelitian, bahkan serta penerbitan. Dan ScienceOpen sendiri banyak menawarkan lebih dari 28 juta artikel buku, jurnal, ataupun makalah dengan berbagai bidang pengetahuan.

Tapi sebelum itu, kalian bisa mendapatkan akses sepenuhnya terhadap tersebut yang sedang kalian inginkan, kalian perlu melakukan pendaftaran atau registrasi ke situs ini ya. Gak usah khawatir ataupun takut ya, disini ketika kamu melakukan proses pendaftaran sendiri, kamu gak bakalan dimintai uang sepesepun kok.

 

9. DOAJ

jurnal

Merupakan kepanjangan dari Directory Open Acces Journal. Sudah keliatan dari segi nama situsnya kan, memang situs ini dibuat untuk menjadi wadah dari jurnal ilmiah, serta memberikan akses penuh ke kalian  Kalian tenag saja ya, kalian bisa mencari jurnal yang sedang kalian butuhkan dan tentunya bersifat gratis.

Dan situs ini bisa kalian akses dimana saja, asalkan yang terpenting kalian terhubung ke internet ya. Entah itu kalian mengakses situs ini lewat sebiah laptop ataupun sebuah handphone android. Di dalam situs ini sendiri kalian sudah disajikan dengan lebih dari 10 juta ribu lojh yang bisa membantuk kamu dalam menunjang proses skripisi kamu.

 

10. Education Resources Information Center (ERIC)

jurnalBiasanya situs ini disingkat dengan ERIC, kaya nama orang aja nih. situs ini merupakan salah satu yang bisa kamu masukkan ke daftar list kalain ya. Di sini sendiri kalian bisa mencari berbagai jurnal ataupun artikel buku yang sedanng kalian butuhkan untuk menjadi penunjang dari progress sekripis kalian.

Bahakan disini, kalian gak akan cuman disajikan dengan jurnal-jurnal saja loh. Kalian bisa mencari berbagai macam literatur bahkan e-book, yang mana bisa kalain download. Dan bisa menjadi penunjang kalian dalam mengerjakan skripisi. Dan tentunya masih sama nih, kalau apa yang ada di situs ini, kalian gak bisa download semuanya, karena ada beberapa jurnal atau artikel buku yang sifatnya berbayar.

Wah sudah banyak banget nih rekomendasi dari situs diatas. Memang sih jurnal, artikel buku, ataupun makalah menjadi penunjang dari skripsi kita, karena dari sanalah kita bisa mendapatakan sebuah inspirasi, baik itu ide solusi, atapun gambaran apa yang akan kita tulis atau ketik di lembar-lembar skripsi kita nantinya. Jadi jangan meremehkan hal ini ya. Situsnya pun juga cukup banyak yang bisa kita manfaatkan, jadi gak perlu capke-capek ke perpus untuk mencarinya.  Yuk semangat yang lagi skrispsian nih, tentunya jangan lupa yuk baca artikel menarik lainnya di papanbaca.

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *