PAPANBACA Industri Software yang Sering Dipakai di Industri Minyak dan Gas

Software yang Sering Dipakai di Industri Minyak dan Gas

Software pada perusahaan yang bergerak di perminyakan dan gas, juga mempunyai peranan penting dalam kelangsungan pegawainya. Ada yang membantu dalam membuat analisa terhadap kandungan minyak dan gas, ada juga yang membantu dalam proses perhitungannya, dan juga masih banyak sekali kegunaannya.

Dalam perusahaan minyak dan gas sendiri juga tidak asal dalam memakai jenis softwarenya. Tidak semua software yang diperuntukkan untuk minyak dan gas diapakai semua. tapi beberapa saja yang dipakai, kali ini adalah rangkuman dari software yang sering dan biaasa dipakai ketika berkarir di industri migas.

Software yang sering dipakai di industri migas, cocok untuk yang ingin berkarir di migas

1. Petrel

Dalam industri migas, terdapat software dengan nama petrel, yang bisa membantu kamu untuk berkarir di industri migas. Software ini sering sekali dipakai pada bidang eksplorasi serta pada produksi industri petroleum. Dengan ini kamu bisa terbantu dalam membuat model terkait bawah permukaan, mensimulasikan persebaran, interpretasi data seismik, bikin model reservor, juga bisa menghitung volume, serta membuat map dan desain gunanya agar memaksimalkan eksploitasi reservoir dan lainnya.

2. Simulator CMG

Di urutan kedua ada software Simulator CMG. Software ini sendiri merupakan program simulasi yang sering dipakai dalam industri migas, untuk melakukan atau membuat simulasi reservoir mulai dari satu fasa sampai multi fasa. Dalam CMG sendiri juga terbagi menjadi tiga jenis simulatro.

  • IMEX, jenis ini dipakai untuk kondisi ishotermal, aliran simultan dari minyak, gas serta air yang berhubungna dengan viskositas, gaya gravitasi dan gaya kapiler.
  • GEM, Untuk yang jenis ini, biasanya dipakai untuk simulasi reservoir dengan jenis compositional yang mana komposisi cairan atau gas, sangat diperhitungkan terhadap yang namanya perubahan tekanan.
  • STARS, untuk jenis yang terakhir ini sendiri, dipakai untuk studi aliran fluida, melakukan perpindahan panas maupun reaksi kimia.

Baca juga terkait Karir lulusan Jurusan Teknik Perminyakan Bergaji Tinggi

3. OMF ( Oil Field Manager)

Selanjutnya ada software OFM singkatan dari Oil Field Manager, kalau dari namanya sendiri memang diperuntukan untuk industri minyak dan gas. Dalam software yang satu ini, seringkali dipakai utnuk mengontrol atau mengatur dan menganalisa data yang ada di produksi.

Selain hal itu, software yang ini mempunyai kemampuan seperti memonitor dan mensurvey performa dengan gambaran produksi yang lebih maju, menganalisa data reservoir dan produksi dengan perlatan software yang komprehensif.

4. PIPESIM

Untuk yang terakhir ada simulator yang biasa digunakan untuk membantu sekaligus mempermudah dalam proses analisa pemipaan pada produksi dari dalam reservoir sampai ke permukaan, entah itu dalam mendesain maupun optimasinya.

Untuk yang satu ini, baik itu perusahaan besar ataupun kecil dan menengah pada industri minyak dan gas, banyak yang menggunakannya untuk memahami dari perilaku cairan dalam sistem mereka.

Jadi itulah tadi rangkuman dari software yang sering dipakai dalam industri minyak dan migas. Hal ini sangatlah cocok untuk dipelajari apalagi untuk mempersiapakan ketika llus dari bangku perkuliahan, yang nantinya bisa jadi bekal karena sudah pernah mempelajarinya. Sangat menarik tentunya untuk dipelajari, begitu juga artikel menarik lainnya yang bisa menambah wawasan di situs papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *