PAPANBACA News Saluran Listrik Udara Bukan Cuman SUTET

Saluran Listrik Udara Bukan Cuman SUTET

Saluran listrik udara merupakan bangunan yang berdiri kokoh menjulang keatas, mempunyai fungsi penting dalam menyalurkan aliran listrik dari pembangkit tenaga listrik ke rumah-rumah warga serta tempat yang membutuhkan listrik, sebagai sumber dayanya.

Biasanya saluran listrik udara ini bisa kita lihat di sepanjang pinggir jalan yang saling menghubungkan kabel listrik satu sama lain. Bahkan yang ukuran besarpun juga ada. Paling sering bisa kita jumpai ada di daerah persawahan. Banyak sekali saluran listrik udara yang menjulang tinggi seperti Gedung pencakar langit. Tapi apakah kalian tau mana yang Namanya SUTET ? apakah yang selalu berdiri tingginya menjulang ke atas atau yang ada di sepanjang jalan ? Apakah semua saluran listrik udara itu Namanya SUTET ?

Jadi saluran listrik udara gak cuman SUTET loh ? ada yang SUTR, SUTM, SUTT, dan SUTTAS. Apa ya kira-kira bedanya ?

1. SUTR

saluran listrik udaraSUTR atau lebih sering disebut dengan saluran udara tenaga rendah. Tiang SUTR ini bisa kita jumpai berada di sepanjang jalan atau di sekitaran rumah kita. Soalnya tiang ini beroperasi pada tegangan listrik 100 V sampai 1kV yang langsung dipasok. Selain tiu tiang ini juga mempunyai peran ke masyarakat.

Dan perannya adalah untuk mentransmisikan listrik sebesar tersebut ke para konsumen, atau para rumah warga. Bisa dibilang SUTR adalah tiang terakhir yang mentransmisikan listrik dari pusat atau dari pembangkitnya. Nah ini bisa kamu temui kok di sekitaran rumah. Bahkan didalam kota pun juga masih ada beberapa ada.

2. SUTM

SUTM merupakan saluran udara tegangan menengah. Dari namanya saja tegangan menengah. Tiang ini masih terkadang kita jumpai di titik-titik sekitaran rumah kita, atau di titik-titik tertentu di jalanan besar. Saluran udara ini memiliki tegangan pada umumnya sekitar 1kV sampai 35 kV.

Saluran udara ini yang nantinya bakalan mentransmisikan listrik ke saluran udara yang lebih rendah. Pada transmisi SUTM, saluran udara ini menggunakan transmisi jaringan tingkat 3, yaitu jaringan distribusi dari gardu induk, penyulang (feeder), SUTM, gardu distribusi, instalasi pemanfaatan (konsumen).

3. SUTT

Selanjutnya ada saluran udara tegangan tinggi atau disingkat SUTT. Pada saluran ini beda dengan saluran udara pada sebelumnya, dari segi ukuran saja sudah berbeda jauh. Lebih besar daripada SUTR dan SUTM. Jadi kalian jarang menjumpai saluran udara di sekitar kalian. Tidak sesering SUTR dan SUTM.

Saluran udara ini mempunyai tegangan operasi sebesar 35kV sampai 230kV. Jadi lebih besar dari SUTR dan SUTM. Oleh karena itu peletakkan saluran ini juga harus jauh dari aktivitas warga. Dan pada saluran udara ini, konfigurasi yang digunakan biasanya single atau double sirkuit. Nilai 1 sirkuitnya memiliki 3 phasa dengan 3/4 kawat. Jadi kalian lebih baik menjauh ya kalau menemui saluran udara ini.

4. SUTET

saluran listrik udaraNah yang satu ini baru Namanya SUTET alias saluran udara tegangan ekstra tinggi. Lebih besar daripada SUTT. Baik dari segi ukuran, dari kekuatan tegangan. SUTET digunakan pada pembangkit berkapasitas di atas 500 MW. Dibangun bertujuan agar drop tegangan dan penampang kawat dapat direduksi maksimal.

Sehingga operasional yang diperoleh bisa efektif dan efisien. Pembangunan SUTET dinilai cukup efisien untuk jarak 100 km-500 km. Dan biasanya saluran udara ini bisa kita jumpai di Kawasan jauh dari pemukiman, di persawahan, intinya minim bangunan.

5. SUTTAS

Saluran yang terakhir dan yang paling besar tegangannya, ada SUTTAS, alias saluran udara tegangan tinggi arus searah. SUTTAS ini bentuknya lebih tinggi dan lebih besar dari beberapa saluran udara sebelumnya. Jadi terlihat banget dan jelas kalau kamu ketemu sama tiang jenis ini. 

Dan hampir orang mengira kalau ini juga SUTET, padahal berbeda. SUTTAS beroperasi pada tegangan 250 kV sampai 500 kV dengan polaritas positif, negatif, atau kombinasi keduanya (dwi kutub). Jadi beda sekali dengan SUTET ya. Fungsi intinya juga sama mentransmisikan tegangan listrik ke tiang listrik selanjutnya.

Nah begitu ya, Jadi jangan dikira SUTET semua ya saluran listrik udara itu, tapi masing-masing itu ada namanya sendiri

Yang perlu kalian perhatikan juga, jangan sesekali mendekat atau bersandaran di tiang-tiang tersebut ya. Apalagi tiang listrik yang mempunyai tegangan sangat besar. Karena ditakutkan terdapat indikasi bahaya yang bisa terjadi. Yuk baca artikel menarik lainnya di papanbaca.

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *