PAPANBACA Pengetahuan Sikap Yang Harus Kamu Tunjukan Ketika Interview Kerja

Sikap Yang Harus Kamu Tunjukan Ketika Interview Kerja

Sikap adalah sesuatu yang melekat pada diri kita di setiap harinya. Dan selalu ada dimanapun kita itu berada. Dan selalu dibutuhkan untuk membuat seseorang memahami maksud dan keinginan kita. Sikap yang dimilik seseorang sangatlah bermacam-macam. Dan tentunya, sikap seseorang ini bisa keluar ketika disengaja maupun tidak disengaja. Dengan makna dan tujuan yang berarti.

Begitu juga ketika kita, melakukan sebuah interview kerja. Sikap kita ketika menjawab, bertanya, bercerita selalu diperhatikan oleh HRD. Karena HRD dari segi sikap kita bisa melihat dan mengetahui, bagaimana sih, kepribadian seseorang itu?.

Terus, sikap seperti apa yang harus ditonjolkan ketika melakukan interview kerja?

1. Percaya Diri
Sikap ini harus kita tunjukkan ketika melakukan sesi interview dengan HRD. Ketika kita diberikan sebuah pertanyaan, kita harus bisa percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diberikan agar bisa menjadi lebih tenang. Soalnya ketika kita menjawab sebuah pertanyaan dengan percaya diri, kita cenderung dinilai memiliki sifat optimis yang tinggi ketika melakukan sesuatu.

Dengan melihat sifat percaya dirimu. HRD atau rekruter bisa menangkap kalau kamu ini semangat, dan mempunyai semangat untuk keterima. Hal itu bisa jadi nilai plus ketika melakukan interview.

2. Otentik
Sikap ini juga sangatlah penting ketika melakukan interview. Kita harus jadi diri sendiri dan menunjukkan hal terbaik dan yang menjadi keunikan dari diri kita. Serta alasan kenapa kita layak untuk mengisi posisi yang sedang dilamar.

Hal itu sangat ditunggu biasanya oleh rekruter atau HRD. KArena ingin mengetahui lebih dalam dirimu, meskipun HRD sudah melihat dan membaca kamu dari CV yang di berikan. Atau bisa juga dari sosial media kamu sendiri.

3. Jujur
Hal satu ini memang selalu ditekankan ketika melakukan interview. Seseorang ketika jujur meskipun ada keterbatasan, pasti akan dihargai. HRD pun sebetulnya sudah bisa mengetahui, apakah seseorang itu sedang berbohong atau jujur.

Dan hal ini sangat jadi penentuan atau kriteria ketika HRD melakukan interview kerja. Jadi lebih baik kamu bercerita dan menjawab dengan jujur. Boleh kita menambahkan atau melbihkan cerita kamu. Asalkan kamu bisa mempertanggung jawabkan cerita kamu, atau kamu sudah pernah membuktikkannya sendiri.

4. Berintegritas
Seseorang dengan integritas yang tinggi memang penting, kalian bisa menunjukkan sikap ini dengan pembuktian menyoroti momen dalam karir dimana kejujuran, kehandalan, dan kepercayaan memberi hasil yang bagus.

Sehingga HRD sangat tertarik dengan cerita kalian. Dan menjadikan hal positif untuk keterima oleh HRD. bahkan bisa menjadi penelian sendiri untuk HRD. Sehingga ada alasan tertentu bisa menerima kamu sebagai pegawai di perusahaan yang kamu lamar. 

sikap

5. Mudah Beradaptasi

Yang namanya lingkungan kerja, di satu tempat dengan tempat lainnya tidaklah sama. Bahkan lingkungan kerja bisa saja yang awalnya sesuai dengan diri kita, tiba-tiba berubah, bisa mengikuti dari perusahaan atau peraturan kantor.

Hal ini perlu sekali dihadapi dan bisa mengadaptasi dengan lingkungan baru. Karena dimanapun pekerja dituntut dapat mudah beradaptasi dengan perubahan yang ada. Baik itu secara langsung atupun terencana.

6. Problem Solver

Sikap ini juga sangat penting dan harus dimiliki oleh banyak orang dalam bekerja. Tak kadang hal ini menjadi sebuah pertanyaan study case ketika kita melakukan sesi interview. Dengan HRD megajukan pertanyaan study case.

Kalian bisa diketahui dari jawaban yang dilontarkan, apakah kalian mempunyai sikap problem solving atau tidak sama sekali. Karena HRD sangat suka dengan sikap satu ini. Dan salah satu sikap yang dicari juga. HRD sangat senang jika bertemu dengan orang yang mempunyai problem seolver tinggi.

7. Inisiatif

Hal selain problem solver, ada sikap lain yang gak kalah dibutuhkan dan dicari oleh HRD. Yaitu memiliki sikap inisiatif. Inisiatif terhadap segala hal, baik itu pekerjaan ataupun hal lain yang perlu ditindak, sebelum menunggu perintah dari atasan.

Karena pada dasarnya inisiatif adalah hal yang dicari juga oleh HRD, dengan kamu mempunyai inisiatif HRD tidak perlu memerintahkan kamu lagi setiap harinya. Karena sudah tumbuh sifat inisiatif di lingkungannya.

8. Loyalitas

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan selanjutnya oleh HRD, yaitu loyalitas. Kita akan diajukan beberapa pertanyaan terkait perusahaan yang sedang dilamar, posisi yang dilamar, serta visi misi dari perusahaan yang sedang kita lamar.

HRD akan menggali seberapa loyal kita pada perusahaan serta visi misinya. Dan ini menjadi nilai plus, bahkan jadi pertimbangan untuk HRD sendiri. Jadi bia menguntungkan dirimu loh ketika interview kerja. Jadi gak ada salahnya nih, kamu nerapin sifat yang satu ini kok. Itung-itung mencari simpati dari seorang HRD.

sikap

Jadi, ketika kalian melakukan interview, sangat penting dalam memperhatikan sikap yang akan ditunjukkan nantinya di depan HRD

Dengan tujuan, membuat HRD atau rekruter, tertarik dengan cerita diri kamu, CV kamu, bahkan karya dan portofolio kamu. Yang membuat kamu diterima dan pantas masuk perusahaan yang di lamar. Tentunya jangan bersikap sombong ya. Yuk baca artkel menarik lainnya di situs kami papanbaca.

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *