PAPANBACA Industri Situs Lowongan Kerja Resmi di Indonesia

Situs Lowongan Kerja Resmi di Indonesia

Lowongan kerja adalah hal yang sangat dicari dan diidam-idamkan oleh para Job Seekers, alias para pejuang pencari kerja. Baik itu yang muda baru lulus atau Frash Graduate ataupun yang ingin mencari pekerjaan di tempat baru. Hal itu sangatlah dinanti dan menjadi kabar membahagiakan tersendiri oleh mereka. Ya gimana gak seperti itu kan ya, sudah dua tahun yang lalu dunia di serang oleh virus Covid-19, dan membuat semua bidang mengalamai efek samping adanya virus tersebut.

Selain wabah ini menyerang masyarakat dan manusia lainnya, wabah ini juga berimbas ke berbagai bidang, baik itu bidang kuliner, pariwisata, ekonomi, perdagangan, transportasi bahkan hampir semuanya kena imbas dari adanya wabah tersebut. Hal ini terjadi di seluruh dunia, di berbagai negara di dunia, khususnya Indonesia sendiri juga mengalami akan dampak dari adanya wabah ini. Apalagi dalam faktor pekerjaan sangat berdampak sekali.

Banyak perusahaan-perusahaan baik itu Start-Up ataupun perusahaan besar dan kecil, juga terkena imbas dari adanya wabah ini. Sampai-sampai beberapa perusahaan sudah tidak sanggup untuk mempertahankan karyawannya atau pekerjanya. Sehingga keadaan memaksa para perusahaan memutuskan kerja akan pekerjanya atau karyawannya sendiri. Alhasil timbullah yang namanya PHK dimana-dimana, dengan jumlah diatas normal.

Sehingga banyak pekerja-pekerja yang kehilangan pekerjaannya, dan mau tidak mau mencari pekerjaan di tempat lain, bahkan ada yang berhasil memutar setir untuk merintis di bidang lainnya. Tidak hanya itu, para Frash Graduate pun beberapa ada yang terkendala dengan adanya wabah tersebut. Tentunya dalam kondisi tersebut banyak perusahaan yang tidak menerima atau membuka lowongan kerja terlebih dahulu, sampai dirasa kondisi ekonomi mereka stabil lagi.

Maka dari itu kenapa informasi tentang lowongan pekerjaan menjadi sebuah kabar gembira bagi para pejuang kerja atau Job Seekers tadi. Karena bisa membangkitkan lagi rasa perjuangan mereka untuk mencari penghasilan, dan bisa menjadi harapan baru di tempat yang baru. Dulu lowongan pekerjaan sebelum adanya teknologi canggih, orang-orang untuk mencari info tersebut harus membeli koran atau majalah terlebih dahulu. Untuk mendapatkan informasi sebuah lowongan pekerjaan.

Dan semakin bertambahnya jaman dan kecanggihan teknologi, orang-orang sudah mulai meninggalkan koran untuk mencari infomerasi lowongan pekerjaan. Mereka bisa memperoleh dari berbagai media, baik itu lewat sosmed ataupun media lainnya. Dan hal ini bukanlah kemunduran ya, tapi malah menjadikan kemajuan dan kemudahan para pejuang pencari kerja. Bisa membantu mereka dalam menemukan lowongan pekerjaan yang cocok dengan mereka, bahkan ada yang bisa langsung kirim lamaran tanpa datang ke tempatnya. Tentunya mengehamat waktu juga tidak perlu untuk kesana kemari.

Berikut situs yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan, tentunya situs ini resmi di Indonesia, jadi bisa dikatakan aman dari penipuan.

Linked In

Linked in adalah situs jejaring sosial atau wadah jaringan terbesar yang ada di Indonesia. Dalam situs ini hampir mirip seperti sosial media lainnya, seperti facebook, Instagram. Cuman kalau Linked In ini berisi orang-orang professional. Bahkan nih Linked In sendiri sudah mencapai 690 juta pengguna, di lebih 200 negara. Sejak 2016 resmi diakuisisi oleh Microsoft. Linked In ini sendiri memang dikemas seperti layaknya sosial media tapi dengan wajah professional banget dan friendly tentunya.

Linked In memudahkan para pencari pekerja untuk mencari lowongan pekerjaan, tidak jarang para recruiter juga memantau koneksi dan jaringan professional para pencari kerja, untuk dijadikan sebagai target calon kandidat, dan biasanya akan langsung dihubungi dan ditawari lowongan pekerjaan secara langsung. Tentunya hal ini sangatlah muda sekali. Tidak perlu lagi susah-susah mencari kesana kemari.

Disini ada sekitar 2,8 juta recruiter atau orang yang mencari karyawan di Linked In, yang mejadikan aplikasi atau situs ini sebagai situs terfavorit di Indonesia. Kelebihan lainnya di situs ini, ada fitur rekomendasi dari koneksimu. Dan ada fitur melamar mudah dan #OpenToWork agar kamu kenotice sama orang yang lagi nyari kandidat.

 

Jobstreet

Situs ini memiliki 80 ribu perusahaan yang bergabung, serta 11 juta para pencari kerja yang terdaftar di situs ini. Para pencari kerja hanya perlu mendaftar dan memperbaiki biodata diri agar para recruiter bisa tertarik. Dan kalau beruntung biasanya para recruiter akan langsung dihubungi dengan memberikan tawaran pekerjaan baik lewat email atau media lainnya. Kalau umumnya sih lewat email. Bahkan para pencari kerja disini tidak hanya bisa untuk mencari kerja.

Tapi ada fitur yang bisa membantu dalam melakukan pengukuran kemampuan para pencari kerja di Bahasa Inggris nama fiturnya sendiri yaitu JELA. Dan ada beberapa juga perusahaan yang menggunakan ini untuk skor, hasil dari JELA dilampirkan ketika mengirimkan lamaran sebagai bentuk salah satu syarat dari melamar kerja. Jadi lebih baik persiapkan dirimu sebelum mengirim lamaran kerja.

 

Tech In Asia

Situs ini juga bisa bermanfaat banget untuk para pencari kerja. Sesuai dengan namanya kan, situs ini bisa memberikan informasi terkait lowongan kerja yang sedang dibuka. Dan lowongan tersebut merupakan lowongan yang lagi open di Start Up di berbagia negara loh.

Gak cuman yang ada di Indonesia saja, tapi di situs ini banyak sekali informasi lowongan kerja yang bisa kalian dapatkan dari Singapura, Malaysia, dan berbagai negara lainnya yang berada di Kawasan Asia. Jadi cocok banget untuk para pencari kerja yang sedang ingin berkarir di dunia Start Up.

 

Kalibrr

Untuk situs kali ini, sudah bergerak lama dan banyak bekerja sama dengan perusahaan besar dan ternama loh. Contohnya Gramedia, BCA, Astra, Gojek, Shopee. Dan Tokopedia. Bahkan kalau dihitung setidaknya ada 500  perusahaan yang bergabung dengan situs ini. Keren banget gak nih.

Dan yang memasang informasi lowongan pekerjaan dengan jumlah sekitar 4000 informasi lowongan kerja. Selain menyediakan situs untuk informasi lowongan kerja. Situs ini juga membrandingkan pelamar bahkan hingga tersedia tes pengembangan bakat yang akan diberikan nilai. jadi cocok banget dan bisa membantu kalian mempersiapkan hal-hal sebelum melamar kerja.

 

Glassdoor

Glassdoor selain menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja. Situs ini juga mempunyai fitur yang sangat bermanfaat banget, yang mana fiturnya adalah Salary Calculator, gunanya untuk mengukur gaji atau upah yang sesuai dengan lokasi, industri, serta pengalaman kerja yang sudah pernah dijalani sebelumnya.

Bahkan disediakan juga berbagai review dari pegawai di tiap-tiap perusahaan, semuanya ada di sana ya. Jadi situs ini bisa masuk ke daftar list kalian untuk mencari pekerjaan. Siapa tau kalian masuk dan keterimanya lewat perantara situs ini. Dan menjadi pekerjaan baru kalian para pencari kerja.

 

Glints

Portal yang satu ini, masih sama menyediakan portal yang berguna untuk para pencari kerja, mencari seputar informasi lowongan pekerjaan. Portal ini asalnya dari Singapura. Dan sangat menjadi rekomendasi banget untuk mencari lowongan pekerjaan di sini. Secara tampilan glints sendiri sudah disesuaikan dengan kondisi sekarang, tampilannya lebih milenial.

Bahkan tidak cuman informasi lowongan, ada juga informasi terkait magang juga. Fiturnya juga gak kalah nih, di situs ini tersedia fitur untuk melakukan konsultasi dan rekomendasi dari pengembangan karir kamu. Jika ingin mengikuti kelas, di sini juga tersedia baik itu kelas yang sifatnya berbayar ataupun gratis.

 

Karir.com

Situs ini merupakan buatan anak bangsa, untuk membantu para pencari kerja dalam menemukan informasi lowongan pekerjaan. Informasi lowongan kerja yang bisa kalian dapatkan bermacam-macam, mulai dari perusahaan yang besar, kecil seperti SCTV, EMTEK, hingga Astra.

Bahkan disini kalian para pekerja akan mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan CV atau resume mereka sendiri. Aksesnya pun tidak berbayar alias gratis, dan tersedia juga fitur dari pengembangan karir oleh ahli psikolohi. Dan ini bisa kalian coba untuk mencari informasi seputar lowngan kerja yang sangat dibutuhkan. 

Nah itulah tadi situs lowongan kerja yang bisa jadi list kamu

Diketahui juga ya, semakin hari semakin banyak persaingan yang timbul baik itu di dunia kerja, ataupun di dunia perdagangan. Maka dari itu persiapkan diri kamu, profil dan biodata kamu agar para recruiter bisa tertarik, dan ingin menjadikanmu sebagai kandidat nya. Sebelum kamu menyebar lamaran pekerjaan. Nah gitu ya jaman sekarang kalian para pencari kerja, tidak usah bingung lagi dengan mencari di koran. Kemudian kamu bisa juga membaca artikel menariknya di situs kamui papanbaca agar lebih mendapatkan informasi yang bermanfaat.

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *