Nulis Travel Situs Warungboto: Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Situs Warungboto: Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Situs Warungboto

Situs Warungboto Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang ada di kota Jogjakarta. Bisa digunakan untuk menikmati liburan sekaligus menambah pengetahuan bagi setiap orang. Sehingga sangat cocok dikunjungi saat anak-anak sedang liburan sekolah.

Selain sebagai destinasi wisata bersejarah, situs ini juga memiliki banyak spot instagramable yang mengundang orang untuk berfoto. Meskipun pada awalnya hanya berupa reruntuhan bangunan tua yang berada di tengah pemukiman warga. Namun sekarang menjadi salah satu tempat wisata yang populer di dunia maya.

Sekilas Mengenal Sejarah Situs Warungboto Jogja

Kisah tentang Situs Warung Boto spot yang instagramable, awalnya destinasi wisata yang sedang ngehits ini hanyalah sebuah cagar budaya. Yang diresmikan pada tahun 2010 oleh pemerintah, namun pada suatu hari seorang fotografer yang sangat piawai mengambil angle membuat gambar yang sangat menarik.

Kemudian membagikan hasil jepretan kameranya yang mempunyai tampilan yang sangat cantik ini di akun instagrammya. Siapa yang mengira bahwa postingan tersebut akan menjadi viral di media sosial, hingga akhirnya menjadi terkenal di dunia maya.

Bangunan cagar budaya ini merupakan sebuah tempat untuk mandi atau pesanggrahan. Untuk fungsinya serupa dengan Tamansari, meskipun dari segi kepopuleran masih kalah. Situs ini juga dikenal sebagai pesanggrahan Rejawinangun.

Situs Warungboto Jogja
instagram.com/kangagungkurniawan

Situs Warungboto dan taman Sari merupakan pesanggrahan yang memiliki umbul atau sumber mata air sendiri. Konon situs ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I dan II. Seiring dengan berdirinya Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pada masa itu Sri Sultan Hamengku Buwono I yang mendirikan keraton lengkap dengan berbagai fasilitas termasuk pemandian ini. Agar mendukung keberlangsungan kekuasaan kerajaan Ngayogyakarta dengan baik.

Pesanggrahan Rejawinangun ini dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1887 yang telah lampau. Kemudian pada masa itu Hamengku Buwono II masih menjabat sebagai putra mahkota. Namun pada akhirnya beliaulah yang melanjutkan pembangunannya.

Pesanggrahan Rejawinangun atau Situs Warungboto ini memiliki sumber air, karena fungsinya adalah tempat mandi para raja beserta keturunannya. Pada awalnya bukan hanya keluarga raja saja yang menggunakan tempat ini, melainkan juga masyarakat sekitar pesanggrahan.

Namun dengan berjalannya waktu, seiring dengan kemerdekaan Indonesia, pemandian ini makin jarang digunakan. Sampai akhirnya menjadi terbengkalai dan dilupakan oleh banyak orang begitu saja. Karena sudah kehilangan fungsi utamanya imbas dari kemajuan jaman.

Semula situs ini hanya berupa puing-puing dan reruntuhan yang terabaikan dan tidak terawat sama sekali, Namun pada tanggal 23 Desember 2016, pemugaran yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta selesai.

Setelah selesai dipugar dan penampakannya menjadi lebih bagus, akhirnya situs ini mulai dikunjungi warga. Dan menjadi salah satu spot instagramable yang diburu banyak kaum muda. Apalagi setelah dijadikan lokasi pre-wedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Situs Warungboto menjadi semakin populer baik di dunia nyata maupun di jagad maya.

Trik Mengambil Gambar Di Situs Warungboto Jogja

Situs Warungboto ini lokasinya tidak terlalu luas, sehingga untuk mengelilinginya tidak akan memakan waktu yang banyak. Sehingga kamu tidak perlu akan merasa kelelahan dan menyiapkan stamina khusus sebelum mengunjunginya.

Untuk mendapatkan gambar yang terbaik di tempat ini maka kamu bisa memilih di bagian kolam. Kemudian berpose di bagian tengah yang bentuknya seperti aula akan membuat potret kamu terlihat lebih cantik. Karena lokasi ini tidak ada penutupnya,  sebaiknya tidak mengambil gambar disini saat panas terik. Supaya tidak silau dan merasa kepanasan sehingga hasil gambarnya juga akan memuaskan.

Selain itu untuk mendapatkan gambar yang terbaik bisa menggunakan kamera dengan lensa wide. Agar gambar tengah atau kolam bisa terekam dengan baik saat pengambilan gambar. Karena kalau tidak menggunakan kamera dengan lensa wide kamu harus pandai mendapatkan angle yang baik, agar menghasilkan gambar yang sempurna.

Lokasi dan Rute Menuju Situs Warungboto Jogja

Situs Warung Boto
instagram.com/pheseline

Untuk dapat mencapai lokasi situs ini memang cukup sulit karena posisinya yang berada di tengah pemukiman warga. Lokasi tepatnya situs ini berada di Jl. Veteran No. 77, Kelurahan Warungboto, Umbulharjo.

Untuk menuju kesana bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor, mobil maupun angkutan umum karena cukup dekat dengan jalan raya. Rute Situs Warungboto Yogyakarta tidaklah sulit diakses karena hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari pust kota Jogja.

Ketika kamu ingin mengunjungi situs ini dengan kendaraan pribadi maka kamu bisa mengambil arah lewat jalur selatan. Yakni melewati arah jalan Margo Utomo kemudian menuju jalan Mataram sampai menemukan perempatan pertama setelah Jl. Mataram.

Lalu dilanjutkan dengan belok kiri ke arah Jl. Juminahan. Lalu setelah itu melewati Jl. Ki Mangunsarko hingga ke pertigaan kemudian belok kiri melewati Jl. Kusumanegara. Setelah menemukan bangunan pabrik yang terletak di kiri jalan, kamu harus belok ke arah jalan Veteran.

Setelah melewati jalan veteran, artinya sebentar lagi akan sampai di Situs Warungboto. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk arah yang menunjukkan jalan menuju cagar budaya pesanggrahan ini.

Jarak obyek wisata alam ini dari Malioboro kira-kira sepanjang 5 Km yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Kalau dari bandar Udara Adisutjipto kira-kita jaraknya sepanjang 7,8 km yang dapat ditempuh selama 20 menit.

Kalau dari Stasiun Lempuyangan maka jarak yang akan ditempuh kira-kira sejauh 4 km dan dapat ditempuh dalam waktu 12 menit saja. Namun kalau melewati terminal Giwangan jarak yang ditempuh sejauh 2,5 km dan dapat ditempuh selama 8 menit.

Berkunjung ke situs ini sangat pas untuk liburan karena sangat dekat dengan berbagai obyek wisata terkenal lainnya di kota Jogja. Tempat wisata yang dekat dengan situs Warungboto ini adalah Alun-alun Selatan, kebun Binatang Gembira Loka, Prambanan dan Malioboro. Kemudian dekat juga dengan Tugu Jogja, Alun-alun Utara, Tamansari dan bangunan Tua kotagede.

Baca Juga : Wisata Tamansari Jogja

Fasilitas yang Sudah Disediakan di Situs Warungboto Jogja

Tiket Masuk Situs Warungboto
instagram.com/bagas_anggoro17

Meskipun terhitung masih baru dibuka sebagai tempat wisata, namun fasilitas yang didapatkan pengunjung di Situs Warungboto ini sudah cukup lengkap. Seperti area parkir yang luas untuk memarkirkan kendaraan seperti mobil atau motor.

Selain itu juga tersedia juga beberapa warung yang dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman. Namun ketika pengunjung membutuhkan toilet, bisa menggunakan toilet milik warga sekitar dengan memberikan sedikit balas jasa.

Ketika kamu membutuhkan pemandu wisata agar tidak bingung, pengelola menyediakan pemandu di lokasi. Namun biaya untuk pemandu harus kamu bayar sendiri sebagai biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Jogja

Kamu jangan khawatir akan terlambat masuk ke situs ini, karena jam bukanya cukup panjang. Biasanya dibuka pada jam 08.00 sampai tutup kira-kira jam 5 sampai jam 6 sore. Namun saat pengunjung tidak ramai akan ditutup pada jam 5 sore.

Ketika kantong kamu sedang kempes, alias budget buat liburan tengah pas-pasan maka kamu tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam-dalam. Karena disini tidak ada tiket masuk, yang ada hanya biaya parkir saja. Yakni Rp. 3.000 untuk biaya parkir motor, dan Rp. 5.000 untuk biaya parkir mobil.

Namun beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkunjung adalah menjaga kelestarian dan kebersihan situs ini. Jangan membuang sampah sembarangan apalagi mencoret-coret tembok maupun atribut lainnya yang dapat merusaknya. Agar tetap lestari sampai anak cucu kita nanti ikut menikmati keindahannya.

Nah jadi tertarik kan untuk datang ke tempat ini saat liburan nanti tiba. Menyaksikan pemandangan cagar budaya yang indah sembari merasakan nuansa kehidupan pada masa lalu. Situs Warungboto Jogja menantikan kedatangan kamu.

43 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.