Nulis Travel Stonehenge Cangkringan: Harga Tiket dan Wisata Terdekat

Stonehenge Cangkringan: Harga Tiket dan Wisata Terdekat

Stonehenge Cangkringan

Destinasi wisata di daerah Jogjakarta seperti tidak pernah ada habisnya, selalu bermunculan tempat-tempat menarik yang memikat hati. Yang tidak hanya membuat pikiran menjadi tenang dan segar kembali, namun juga memiliki latar balakang yang cantik untuk berfoto.

Seperti tempat wisata yang baru menunjukkan eksistensinya di bidang pariwisata kali ini. Tempat wisata baru bernama Stonehenge Cangkringan. Yang merupakan kawasan wisata di kaki gunung merapi yang beberapa waktu lalu mengeluarkan laharnya yang dahsyat.

Pesona Menawan Stonehenge Cangkringan

Baik tempat wisata buatan maupun tempat wisata asli yang dipoles kembali menjadi lebih menarik. Jogja selalu menawarkan beragam spot unik yang cocok utnuk pemburu foto instagramable. Kali ini bukan candi, pantai atau pemandangan alam yang menawan melainkan bebatuan indah.

Batu-batu raksasa yang disusun dengan rancangan tertentu ini berpadu serasi dengan suasana alamnya yang hijau dan indah. Layaknya kerangka pintu dari batu raksasa yang menjulang tinggi, sangat cocok digunakan sebagai latar foto yang sangat epic.

Lokasinya bukanlah di tengah kota jogja yang cukup ramai dan padat, atau di pinggiran kotanya yang agak sepi. Melainkan berada di daerah ujung utara daerah Jogja, tepatnya di kaki gunung Merapi. Sangat sesuai dengan bebatuan yang menambah cantiknya pemandangan.

Tak perlu berlama-lama berduka karena kerusakaan yang parah setelah mengalami erupsi pada tahun 2010 yang silam. Rakyat mencoba menggeliatkan kembali gairah kehidupan di kaki Merapi dengan membangun destinasi wisata yang ada.

Selain Stonhenge Jogja yang merupakan wisata buatan mengadopsi wisata luar negeri. Masih ada destinasi lain yakni lava Tour yang menyusuri keindahan pemandangan museum hidup dengan jeep. Pemandangan unik yang nggak akan mudah ditemukan di tempat lain.

Beberapa Hal Unik Mengenai Stonhenge Cangkringan

Pesona Stonehenge Cangkringan
instagram.com/velysyukran

Sebagai tempat wisata alternatif saat berkunjung ke kawasan wisata gunung merapi. Anda tidak perlu takut untuk berkunjung ke sana meskipun kawasan wisata ini adalah kawasan rawan bencana. Karena sudah disiapkan jalur evakuasi untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana yang tidak diinginkan.

Agar semakin tertarik untuk mengunjungi kawasan ini maka anda dapat mengulik dengan melihat beberpa hal unik dibawah ini. Dijamin setelah membacanya anda akan merasa sayang untuk melewatkannya saat berkunjung ke daerah Jogja.

1. Tempat Wisata Baru Dengan Nuansa Lama

Mungkin saat mendengar nama tempat wisata baru ini, anda seperti pernah mendengarnya. Namun sepertinya bukan dari negara kita. Ya memang benar, karena tempat wisata ini mengadopsi dari tempat wisata bersejarah kebanggaan Inggris dan Britania Raya.

Stonehenge aslinya adalah bangunan peninggalan dari jaman Perunggu, dan Neolitikum di jaman prasejarah. Berlokasi tidak jauh dari Amesbury di Wiltshire, Inggris, kira-kira jaraknya 13 kilometer dari barat laut Salisbury.

Merupakan salah satu situs yang sangat populer di dunia, Stonehenge adalah lingkaran dari batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah. Terinspirasi dari struktur unik tempat wisata di negeri Ratu Elisabeth inilah Stonhenge Cangkringan dibuat.

Kalau dilihat-lihat dengan baik memang sangatlah mirip, nyaris tidak ada bedanya dengan yang asli. Bahkan saat dilihat sekilas benar-benar tampak sama. Mungkin perbedaan paling mencoloknya adalah lokasinya. Kalau yang asli berada di tengah padang rumput yang sangar luas, bukan di kaki Gunung.

2. Dibuat Dari Bebatuan Sisa Erupsi Gunung Merapi

Selain unik dan cantik, namun wisata baru ini juga memanfaatkan sisa dari erupsi Merapi yang berupa batuan. Sebagai replika dari situs bersejarah dunia, juga mengandung sejarah kepedihan akibat erupsi yang memakan banyak korban di masa lalu.

Sehingga menjadi sebuah icon kesedihan yang tampil dengan sangat cantik. Sehingga memberi kesan bahwa selalu ada kebahagiaan di balik kepedihan yang perih. Apalagi bebatuan yang digunakan semuanya adalah sisa erupsi gunung merapi.

Sehingga ketika dilihat, penampilan dari stonhenge cangkringan ini sangat alami, seperti situs aslinya di Inggris Raya. Bisa menjadi pengobat bagi yang sangat ingin mengunjungi Stonhenge di Inggris namun tidak memiliki kesempatan karena berbagai hal.

3. Aman dan Aksesnya Sangat Mudah

Meskipun tempat wisata ini berlokasi di jalur erupsi yang pernah terjadi dengan dahsyat. Namun pihak pengelola sudah menyiapkan jalur evakuasi khusus jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga keamanan dan keselamatan pengunjung menjadi prioritas pengelola.

Karena wisata baru ini cukup unik dan menawarkan suasana yang berbeda, maka cukup menjadi primadona di kalangan traveller lokal maupun dari luar daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga aksesnya juga cukup mudah untuk ditempuh karena sudah cukup terkenal.

4. Bisa Menjadi Sarana Edukasi Bagi Pelajar

Selain sebagai tempat wisata, Stonhenge Cangkringan juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menambah ilmu. Terutama untuk para pelajar yang ingin menambah pengetahuan mengenai peninggalam sejarah pada jaman purbakala.

Karena ketika berdarmawisata ke tempat ini tidak hanya menikmati lingkaran baru raksasa yang sangat cantik. Namun juga akan menemukan patung manusia purba yang dapat dilihat dengan jelas. Apalagi batu yang ada sangat mirip dengan situs aslinya yang berada di Inggris.

Rute dan Lokasi Stonhenge Cangkringan

Lokasi Stonhenge Cangkringan
instagram.com/larassyp

Rute menuju Stonhenge Cangkringan tidaklah sulit dilalui, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Destinasi wisata ini tepatnya memiliki lokasi di Trutan, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman.

Sebenarnya tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, berdekatan dengan lokasi wisata Lava Tour Merapi. Sehingga anda dapat mengunjungi dua tempat sekaligus saat berwisata ke daerah ini. Kira-kira jarak tempuh dari daerah istimewa Yogyakarta adalah 30 menit saja, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute untuk menuju ke Stonhenge Cangkringan ini sendiri ada dua jalur saat ditempuh dari kota Jogjakarta. Semua sama-sama mudah dan aman utnuk dilewati.

  • Rute yang pertama dari Jogja, anda hanya perlu mengambil arah ke jalan Kaliurang. Kemudian setelah sampai di Kaliadem atau Cangkringan anda bisa mengambil arah ke sebelah kanan. Ambilah arah yang menuju ke Merapi Golf atau The Lost World Castle. Kemudian setelah sampai disana carilah lokasi Stonhenge Cangkringan yang posisinya tidak jauh dari Kopi Merapi. Juga tidak jauh dari destinasi wisata The Lost World Castle.
  • Rute yang kedua dari Jogja. anda bisa menuju ke arah jalan Kaliurang, kemudian ikuti saja terus sampai menemukan Kaliadem. Setelah sampai di kaliadem ambil arah ke Bebeng. Kemudian saat menemukan dusun Petung anda bisa melewati Kopi Merapi dan mengambil arah ke kanan. Kemudian setelah melihat gerbang The Lost World, ikuti terus jalurnya secara lurus, kira-kira dua ratus meter lihatlah ke sebelah kiri.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Stonhenge Cangkringan

Destinasi ini meskipun sangat keren dengan latar belakang gunung merapi, namun harga tiketnya tidaklah mahal. Cukup dengan membayar Rp. 10.000 saja sudah bisa menelusuri keindahan Stonehenge Cangkringan dan mengambil gambar sepuasnya.

Kemudian fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap dan memudahkan pengunjung untuk menikmati wisata dengan nyaman.

  1. Menyediakan area parkir bagi pengunjung yang membawa mobil maupun motor.
  2. Menyediakan tempat beribadah bagi yang beragama Islam.
  3. Loket untuk membeli tiket masuk yang tidak hanya menjual tiket saja, melainkan juga tempat bagi pengunjung yang ingin mendapatkan berbagai informasi.
  4. Toilet yang bisa diakses dengan mudah.
  5. Warung kuliner yang melayani kebutuhan makan pengunjung dengan harga yang terjangkau.
  6. Tempat sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan wisata.

Beberapa fasilitas yang ada tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang. Apalagi destinasi wisata ini bukanlah tempat wisata yang baru dibuat.

Tips Keren Saat Mengunjungi Stonhenge Cangkringan

Meskipun mudah diakses dan cukup nyaman untuk dikunjungi, namun ada beberapa tips yang wajib dipatuhi agar liburan lancar. Tidak terjadi hal sekecil apapun yang akan mengganggu kenyamanan liburan anda. Perhatikan dengan baik beberpa tips di bawah ini demi liburan yang menyenangkan.

  1. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar kendaaraan full tank, karena di sekitar stonhenge Cangkringan tidak terdapat POM bensin utnuk mengisi bahan bakar.
  2. Meskipun ada warung yang menjual makanan, namun menunya juga masih sangat terbatas. Sebaiknya membawa bekal makanan yang cukup agar tidak kelaparan saat sedang menikmati tempat wisata.
  3. Karena lokasi wisata ini berada di kaki gunung merapi, maka udaranya akan terasa sangat dingin. Sehingga jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal saat kesana untuk mengantisipasi kalau kedinginan.
  4. Jangan lupa membawa alat dokumentasi terbaik yang anda miliki, karena spot foto disini sangat keren dan instagramable.
  5. Kalau bisa alangkah baiknya tidak berkunjung saat musim hujan tiba, karena gunung merapi sering tidak terlihat saat mendung. Saat udara terlihat cerah maka gambar yang dihasilkan juga akan sangat keren karena latar belakang gunung Merapi yang menjulang di kejauhan.
  6. Taati dengan baik adat istiadat ang berlaku di daerah Stonhenge Cangkringan dan sekitarnya.
  7. Jangan sampai merusak lingkungan dan properti wisata yang ada.
  8. Buanglah sampah yang anda hasilkan pada tempat yang sudah disediakan pengelola.

Demikianlah point penting yang patut anda perhatikan saat datang ke Stonhenge Cangkringan. Menjadi panduan yang baik agar anda tidak mengalami hal yang kurang mengenakkan saat liburan. Sehingga merusak kesan menyenangkan yang dinikmati di Cangkringan ini.

Destinasi Wisata Dekat Stonhenge Cangkringan

Rasanya rungi ya kalau berwisata jauh-jauh ke Jogja hanya datang ke satu tempat wisata saja. Nah agar bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lain yang tak kalah menarik anda bisa mencari referensi dibawah ini. Sehingga saat berkunjung ke Cangkringan bisa mengunjunginya sekalian.

Meskipun di sekitar Stonhenge Cangkringan ada banyak sekali wisata yang menarik, namun 5 tempat wisata dibawah ini cukup ikonik. Juga sangat cantik untuk digunakan sebagai latar belakang saat mengambil gambar. Sehingga anda akan merasa puas saat datang mengunjunginya.

1. Museum Gunung Merapi

Sama-sama berada di kawasan Kaliurang yang dingin dan sejuk, museum ini selalu ramai oleh pengunjung yang datang. Menyimpan banyak kisah tentang gunung Merapi yang dilengkapi dengan replikanya lengkap dengan asap dan suaranya yang bergemuruh.

Selain itu anda juga dapat merasakan sensasi letusan gunung merapi saat terjadi erupsi kala itu. Juga dapat melihat dengan jelas jejak keganasan dari peninggalan kejadian tahun 2010 melalui motor dan berbagai barang dan peralatan yang hangus diterjang lahar.

Ada juga fasilitas unik dan keren seperti bioskop mini, juga spot indah utnuk membuat potret instagramable yang menawan. Buka dari jam 08.00 sampai dengan jam 15.30, tempat wisata yang berada di dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan Sleman ini mematok tiket seharga Rp. 5.000 saja.

2. The Lost World Castle

Saat mengunjungi Stonhenge Cangkringan anda juga bisa mampir ke tempat wisata kawasan Kaliurang yang satu ini. Sama-sama dibuat dari bebatuan sisa erupsi gunung merapi, The Lost World Castle juga menawarkan pemandangan yang sangat unik.

Terutama bagi yang ingin berburu foto yang instagramable, karena menyediakan banyak spot yang keren untuk dilewatkan. Seperti latar sayap dan juga pada bagian paradise gate yang selalu diminati oleh pengunjung. Kemudian juga tenda-tenda dari suku Indian serta patung dinosaurus yang sudah terbunuh.

Sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti tempat ibadah, warung makan, mushala dan tempat penginapan. Membuat para pengunjung merasa sangat nyaman dan senang berkunjung ke The Lost World Castle yang terletak di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta ini.

Anda tidak perlu terburu-buru saat ingin berkunjung karena tempat ini buka dari jam 06.00 sampai dengan jam 18.00. Anda juga tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena harga tiket untuk menikmati destinasi wisata ini hanya Rp. 5.000 saja.

5. Agrowisata Bhumi Merapi

Salah satu tempat wisata yang cukup dekat untuk sekalian dikunjungi adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Yang sangat cocok digunakan untuk spend time bersama keluarga di akhir pekan. Dengan membayar Rp. 30.000 saja anda sudah bisa melihat berbagai macam wahana menarik.

Di tempat ini anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan yang akan menambah pengetahuan. Seperti memerah susu kambingm menaiki kuda poni dan memberi makan kelinci. Tempat wisata yang terletak di jalan kaluran KM 20, Sawungan Hargobinangun, kecamatan Pakem kabupaten Sleman ini buka dari jam 08.30 sampai jam 17.00.

4. Desa Wisata Ledok Sambi

Tempat wisata yang terletak di jalan Kaliurang KM 19 ini tidak dipungut biaya alias gratis. Buka dari jam 07.00 sampai 17.00, menawarkan nuansa pedesaan yang sejuk dengan gemericik air sungai yang bening. Sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tempat wisata yang beralamt di jalan Kaliurang KM. 19, Area Sawah, Pakembinangun pakem ini menawarkan berbagai macam kegiatan outbound yang seru. Juga bisa mengikuti kegiatan sehari-hari warga sekitar.

5. The World Landmark Merapi Park Jogja

Kali ini adalah tempat wisata dengan spot selfie yang sangat menarik sehingga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan latar belakang replika Menara Eiffel, jam raksasa seperti yang ada di London dan juga Kincir angin dan menara Pisa.

Buka dari jam 09.00 sampai jam 17.00 harga tiketnya sangat terjangkau dan cocok untuk yang sedang belajar fotogragi. Beralamat di jalan Kaliurang KM 22, Banteng, Hargobinangun kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah 5 destinasi wisata menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, sehingga anda bisa menabung dahulu agar bisa mengunjunginya sekalian.

Semoga beberapa hal dan rekomendasi wisata yang ada di Stonhenge Cangkringan tadi membantu anda untuk menentukan liburan yang akan datang. Sehingga bisa menikmati momen yang indah tanpa harus menghabiskan banyak biaya.

40 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.