Tebing Breksi: Harga Tiket dan Fakta Menariknya

Tebing Breksi

Tebing Breksi ini merupakan destinasi wisata yang awalnya adalah lokasi penggalian batu gamping. Namun seiring perkembangan jaman sekarang menjadi salah satu tempat wisata di sleman yang banyak dikunjungi wisatawan. Baik dari dalam maupun dari luar kota Yogyakarta yang penasaran dengan viewnya.

Terkadang pengunjung yang datang memanfaatkan latarnya yang indah sebagai lokasi pemotretan model. Ketika Semarang memiliki destinasi wisata Brown Canyon, maka tebing Breksi adalah White Canyon-nya Jogjakarta.

Sekilas Fakta Menarik Dari Tebing Breksi

Pemandangan tebing kapur yang indah ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri karena tidak mudah ditemukan di tempat lain. Bahkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti mengungkapkan fakta bahwa ternyata batuan kapur yang ada di Tebing Breksi merupakan endapan abu vulkanik.

Yakni abu dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang usianya sudah jutaan tahun sehingga penambangan kapur akhirnya dihentikan dan kawasan ini sudah berusia jutaan tahun dan menjadi kawasan geo heritage. Bahkan akhirnya berkembang menjadi destinasi wisata yang diresmikan oleh Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Daripada beberapa tempat wisata lain yang ada di wilayah Jogjakarta, Tebing Breksi ini merupakan salah satu tempat wisata yang unik. Karena merupakan perpaduan antara wisata alam yang berupa tebing alami dengan karya manusia yakni guratan hasil penggalian batu gamping yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Dengan dijadikannya destinasi wisata maka dibuatlah sebuah ukiran raksasa di dinding tebing sehingga tempat ini laksana galeri mahakarya para seniman. Bahkan untuk yang menyukai berbagai pentas kesenian disini disediakan amphiteatre terbuka yang diberi nama Tlatar Seneng. Yang sering digunakan untuk lokasi pertunjukan kesenian.

Tebing Breksi Jogja

Selain pertunjukan seni, berbagai  konser musik megah juga pernah dilangsungkan di tempat ini. Pengunjung yang ingin menyaksikan konser musik biasanya dilangsungkan pada malam hari. Sehingga pertunjukan akan terasa lebih indah dengan lampu-lampu panggungnya.

Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan yang menawan dengan menaiki anak tangga sampai ke puncak. Kemudian dari keringgian ini dapat melihat Candi Prambanan, Istana Ratu Boko, juga Candi Barong yang menyembul di antara hijaunya pepohonan.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan di Tebing Breksi

Selain bisa mengelilingi tebing Breksi yang sangat indah ini maka anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik disana. Beragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan diantaranya adalah:

1. Mengambil Gambar Dengan Spot Instagramable

Siapa jaman sekarang yang tidak senang memburu spot selfie yang instagramable saat berwisata. Demikian juga dengan Tebing Breksi ini yang memiliki banyak spot foto yang disediakan untuk menyenangkan pengunjung.

Pengunjung dapat berfoto bersama burung hantu, dalam cangkang mutiara, berdiri di kolopak bunga raksasa atau bergaya diatas kursi yang dipenuhi boneka dengan love sign berbunga-bunga di belakangnya. Selain dengan latar alami yang memang eye catching ini.

2. Menyaksikan Sunset yang Indah

Karena lokasinya berada di ketinggian sehingga tempat ini sangat cocok untuk berburu sunset yang indah. Apalagi setelah matahari terbenam pemandangan akan berganti dengan cahaya lampu kota yang menyala satu persatu hingga menyerupai lautan kristal yang sangat indah.

3. Mengikuti Shiva Plateau Tour Naik Jeep

Bagi pengunjung yang ingin menikmati perjalanan menyenangkan sambil melihat pemandangan dengan kendaraan maka dapat menjajal jeep wisata dan menyusuri Shiva Plateau. Apalagi tempat ini menyediakan beberapa rute seperti rute pendek, rute menengah, hingga rute panjang.

Dengan naik Jeep yang disupiri oleh driver berpengalaman maka anda akan mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar Tebing Breksi. Seperti Candi Barong, Watu Payung, Bukit Teletubbies, Kompleks Rumah Dome, dan lain sebagainya.

Peson Tebing Breksi
ig.com/heinoy

4. Menikmati Pertunjukan Seni Budaya

Karena sejak awal dikembangkannya tempat wisata ini memiliki konsep sebagai salah satu ruang pertunjukan outdoor, maka di kawasan ini terdapat amphiteatree terbuka. Ketika datang di hari tertentu maka akan menemukan pertunjukan seni tradisional hingga konser musik yang memukau.

5. Wisata Kuliner

Yang lebih menyenangkan lagi dari destinasi wisata yang menyenangkan ini adalah kulinernya yang benar-benar memanjakan lidah. Dengan beragam pilihan menu yang menggoda selera seperti ingkung ayam yang paling recomended maka anda dapat memuaskan mata sekaligus memanjakan perut.

Rute Menuju Ke Tebing Breksi

Agar sampai di tempat wisata dengan pesona pemandangan ketinggian yang menawan ini maka anda dapat datang dari kota Jogja. Kemudian menempuh rute dari Jalan Solo (Jl. Adi Sucipto) kemudian ke Kalasan dan ke Terminal Prambanan kanjutkan dengan belok kanan ke arah ratu Boko.

Setelah itu anda dapat membelokkan jalan ke arah kiri dan terus mendaki tanjakan yang sangat terjal sampai tiba di Tebing Breksi. Meskipun demikian ada alternatif lain yakni belok kanan di petunjuk arah menuju Gunungkidul, lantas ikuti petunjuk arah menuju lokasi wisata.

Sayangnya belum ada angkutan umum dengan trayek ke tempat wisata ini sehingga pengunjung harus membawa kendaraan sendiri atau naik mobil sewa. Namun harus berhati-hati saat datang karena mendaki bukit yang terjal.

Jangan takut untuk membayar mahal di tempat ini, karnea meskipun sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata namun tidak dipungut biaya alias gratis. Para pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir dan tiket seikhlasnya saja.

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments