PAPANBACA Aplikasi Teknik ELektro Wajib Tau 5 Software Ini !!

Teknik ELektro Wajib Tau 5 Software Ini !!

Teknik elektro, siapa sih yang gak kenal jurusan teknik elektro, yang terkenal jurusan tertua dan isinya dominan cowok semua, tapi gak juga cowok semua, tentunya ada yang cewek. Dalam jurusan ini sendiri, kita ketahui cukup luas pembelajaran di dalamnya. Bahkan sampai dibagi jadi beberapa fokusan peminatan. Arus Bertenaga sama Arus Lemah.

Meskipun dibagi jadi dua fokusan atau peminatan, tapi intinya jurusan Teknik Elektro gak jauh-jauh dari hal yang namanya kelistrikan. Hal yang gak bisa kita lihat secara fisik, kecuali dengan bantuan tools atau perangkat komputer.

Ngomong-ngomong tentang tools. Dalam jurusan Teknik Elektro ada beberapa software atau aplikasi yang rekomendasi banget. Dan sering digunakan oleh mahasiswa jurusan teknik elektro. Tentunya software ini membantu sekali dalam keberlangsungan mata kuliah kamu loh.

Aplikasi-aplikasi ini sangat membantu kamu dalam jurusan teknik elektro loh.

1. CodeVisionAVR (CVAVR)

Software ini mempunyai fungsi yang dapat membantu kamu dalam compiler Bahasa C dan bisa digunakan untuk microcontroller AVR bahkan sampai XMEGA. Dan cocok untuk kamu yang anak teknik elektro. Bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas entah itu project semester ataupun project luar perkuliahan. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di situs resminya.

CodeVisionAVR (CVAR) ini termasuk satu-satunya IDE (Intregrated Development Environment) yang dilengkapi dengan GPO (Geberator Program Otomatic) dan ada juga CodeWizardAVR yang digunakan untuk perangkat XMEGA baru. Nah CVAVR ini sangat pas banget buat kamu yang baru mengenal atau otak-atik Mikrokontroler AVR, soalnya kamu terbantu dengan fitur compailer yang tidak ada di compiler lain.

2. Dev C++

teknik elektroTidak cuman Anak Teknik Informatika saja yang kenalan dengan software satu ini, Anak Elektro juga wajib. Jadi Dev C++ ini merupakan IDE (Integrated Development Environment) C/C++ yang sudah dilengkapi compiler TDM-GCC (bagian dari GNU Compiler Collection / GCC). Dengan software ini kamu Anak Teknik Elektro bisa terbantu dan memudahkan project kamu atau program kamu dalam Bahasa C++.

Bahasa pemrograman yang berasal dari pengembangan bahasa C yang telah disempurnakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1980 menjadi C dengan kelas (C With Classes) dan pada tahun1983 namanya ganti menjadi C++. Jadi cocok banget loh membantu tugas dan kerjaanmu.

Baca juga ya : Deretan jurusan langka cuman satu di Indonesia

 

3. Proteus

Unik sih nama dari software ini, Meskipun gitu, software ini membantu banget buat Anak Teknik Elektro dalam mengotomatisasi rangkaian elektronika. Misalnya desain skema rangkaian elektro dan mencetak papan PCB. Bahkan banyak lagi nih. Sangat bisa membantu kamu dalammengerjakan tugas ataupun project dari dosen.

Selain itu, di software ini kamu bisa membuat rangkaian sekaligus mengsimulasikan rangkaian yang kamu buat sehingga bisa tahu, apakah nilai dan letak komponen kita itu sudah pas, benar atau masih ada yang salah dan bermasalah. Wajib nih buat kamu anak elektro mengenal aplikasi satu ini.

4. Matlab

Software ini bagus banget loh. Matlab (Matriks Laboratory). Dengan software ini kamu bisa terbantu dalam mengolah data komputasi numerikal yang sudah didapat serta mengvisualisasikan data yang kamu olah. Jadi cocok banget buat kamu jurusan Teknik Elektro.

Software ini dikembangkan oleh The MathWorks. Selain membuat visual data. Bisa juga untuk manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data. Dan sangat rekomendasi untuk kamu yang anak elektro. Bisa membantu kamu tentunya ketika mengerjakan sebuah tugas atau sedang lagi ada projectan yang membutuhkan software ini.

5. Eagle

teknik elektroNah ada lagi nih salah satu software yang bisa membantu kamu dalam membuat desain skema rangkaian elektronika dan rangkaian PCB. Dan sangat sering juga digunakan pada praktikum Teknik Elektro. Dengan software ini kamu bisa membuat sirkuit yang sedang dibutuhkan dan langsung mencetaknya di papan sirkuit atau PCB.

Tentunya rekomendasi banget untuk kamu yang sekarang lagi menempuh jurusan ini. Di sisi lain software ini juga menunjang aktivitas produktivitas kamu jadi anak elektro loh. Bahkan software yang satu ini masih sering digunakan oleh anak elektro untuk menunjang kebutuhan mereka dalam mengerjakan tugas atau projectnya.

Nah itu tadi ya beberapa software yang wajib dan sangat di rekomendasikan untuk kamu. Yang bisa membantu kamu dalam menjalankan produktivitas kamu di jurusan elektro. Dan selain itu masih ada banyak juga software yang bisa membantu kamu dalam perkuliahanmu loh. Contohnya nih ETAP, Multisim, PCB Wizard. Tentunya semoga artikel ini sangat menginspirasi dan menambah wawasan kamu ya. Yuk baca artikel menarik lainnya di nulis.net

7 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *