PAPANBACA Aplikasi Teknologi SCADA Yang Penting Untuk Industri

Teknologi SCADA Yang Penting Untuk Industri

Industri di zaman sekarang telah mengalami peningkatan yang pesat. Terutama dalam teknologi otomasi pada dunia industri juga ikut berkembang. Di Indonesia sendiri, perkembangan industrinya bisa dikatakan sudah sejalan dengan perkembangan teknologinya.

Semua proses produksi sampai produk jadi, sekarang sudah didominasi oleh mesin-mesin dengan teknologi yang canggih. Yang dapat meningkatkan hasil produktivitas, memberikan waktu yang efektif dari sebelumnya, serta meringankan kerja dari manusia.

Nah hal ini, juga tidak lepas dengan teknologi yang ada didalamnya. Penggunaan teknologi SCADA sebagai contoh teknologi yang banyak digunakan dalam industri. SCADA merupakan sistem kendali industri yang berbasi pada komputer, dipakai untuk memonitoring sistem, mengontrol sistem serta mengumpulkan data. Lebih lengkapnya berikut tentang SCADA.

Apa Itu Teknologi SCADA ?

SCADA berasal dari kepanjangan Supervisory Control And Data Acquisition, jika diartikan adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang bisa melakukan kontrol, infrastruktur, serta proses fasilitas. Dalam penerapannya SCADA mempunyai empat fungsi yaitu, mengontrol suatu proses, komunikasi antar data jaringan, akuisi data, serta penyajian data.

Sistem SCADA ini sendiri dilengkapi dengan GUI (Graphical User Interface), yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan navigasi serta pengontrolan high level process, yang mana sangat membutuhkan tingkat ketepatan yang tinggi, reaksi yang cepat, serta proses yang kompleks.

Meskipun begitu, sitem ini masih bisa sobat papanbaca program, karena SCADA memiliki fitur Programmable Logic Controller alias PLC. Sehingga bisa disesuaikan lagi dengan mesin-mesin yang ada disekitar. Bahkan tidak mempunyai batasan untuk penggunaan proses dalam satu bidang industri saja.

SCADA bisa sobat papanbaca temui di industri-industri yang cukup besar, yang di dalamnya memiliki project-driven-process. Contohnya seperti, pengolahan minyak bumi, proses penjernihan air, pengolahan limbah, distribusi tenaga listrik, dan masih banyak lainnya.

industri

Cara Kerja Dari SCADA

Cara kerja dari SCADA sendiri dengan cara memanfaatkan sensor dan aktuator yang terhubung dengan bagian control logic & calculation. Sehingga operator tidak perlu mengoperasikan semua komponen pada saat proses secar manual.

Melainkan dengan adanya SCADA, seluruh komponen untuk menyelesaikan proses tersebut otomatis digerakkan oleh SCADA, yang sudah diatur dengan logic yang telah ditanamkan ke dalam sistem SCADA. Di dalam SCADA sendiri untuk menjalankan fungsi secara maksimal. Terdapat beberapa arsitektur yang harus ada dalam SCADA sistem. Kita akan bahas lebih lanjut,tentang aristektur apa saja yang harus ada di dalam sistem SCADA.

Itulah tadi penjelasan pembuka dan singkat terkait Teknologi SCADA dalam industri, yang mempunyai peran penting dalam proses produksi atau berlangsungnya suatu industri. Pembahasan selanjutnya akan kita bahas di papanbaca.net.

8 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *