Nulis Travel Wisata Jogja yang Paling Banyak di Kunjungi 20 Teratas

Wisata Jogja yang Paling Banyak di Kunjungi 20 Teratas

Bunker kaliadem

Kebanyakan orang yang berlibur ke kota Yogyakarta cuma mampir ke Malioboro, candi Prambanan atau pantai Parangtritis. Sedangkan wisata jogja sebenarnya sangat banyak dan rekomended untuk di kunjungi, akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui nama dan lokasinya.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa tempat wisata di jogja yang instagramable, hits, dan kekinian yang wajib kamu kunjungi saat berlibur kesana.

1. Bunker Kaliadem

Bunker kaliadem merapi jogja

Jujur saja ini adalah tempat yang wajib sekali masuk dalam daftar kunjungan kamu ketika hendak liburan ke jogja. Lokasinya yang berada tepat di kaki gunung merapi akan membuat kamu terpesona dengan pemandangannya.

Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini adalah di pagi hari, karena kamu nantinya bisa melihat gunung Merapi dengan jelas. Untuk jalan akses menuju bunker kaliadem ini juga sangat mudah, bisa di lewati sepeda motor ataupun mobil.

2. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan
instagram.com/dongvns

Apakah kamu tahu situs bersejarah Stonehenge yang ada di Inggris? Sekarang jika ingin melihatnya kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana. Karena di jogja juga ada peninggalan sejarah yang sangat mirip, namanya Stonehenge Cangkringan layaknya yang ada di Inggris itu.

Meskipun hanya replikanya, namun berbagai peninggalan sejarah bisa kamu lihat mirip dengan aslinya. Ini memang di buat dengan tangan manusia namun tetap saja mengundang rasa penasaran banyak pengunjung.

Lokasinya sama dengan The Lost World Castle, yang tepatnya berada di dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk tiket masuknya sekitar Rp. 10.000 per orang dan jam buka mulai pukul 07.30 – 18.00 WIB.

3. Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan hutan lindung yang di kelola menjadi objek wisata hits dan instagramable di jogja. Jejeran pohon pinusnya yang menjulang tinggi membuat tempat ini cocok untuk di jadikan tempat melepas penat, dan juga lokasinya yang jauh dari ramainya kota.

Nantinya kamu bisa mencoba beberapa spot foto keren yang berada di sini untuk di upload ke akun media sosial milik kamu.

4. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah mangunan

Kebun buah mangunan menjadi destinasi wisata jogja yang hits dan wajib untuk kamu kunjungi. Objek wisata alam di jogja ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan sejuk. Bagaimana tidak, kamu akan di suguhi dengan view jurang yang terdapat sungai di tengahnya.

Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini adalah di pagi hari. Jika lagi beruntung kamu akan melihat lautan awan dan sunrise yang menjadi daya tarik utama dan sangat memanjakan mata.

5. Hutan Pinus Pengger

Pinus pengger dlingo

Ini adalah tempat wisata di jogja yang sangat cocok dibuat refreshing. Spot fotonya sangat kekinian dan bagus untuk berfoto siang maupun malam. Tapi lebih di sarankan untuk berkunjung saat malam hari, karena kamu bisa melihat indahnya lampu perkotaan jogja dari sini.

Beberapa spot yang sudah di siapkan memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan latar belakang lampu perkotaan tersebut. Tak perlu khawatir jika tidak mempunyai kamera, karena terdapat jasa fotografi yang siap untuk mengabadikan momen kamu bersama pasangan.

6. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro
instagram.com/arundina.putriayu

Jika suka berburu kabut, maka objek wisata Jurang Tembelan Kanigoro ini bisa kamu kunjungi. Lokasinya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Nantinya di sini kamu bisa berfoto menggunakan beberapa deck yang sudah di sediakan dengan pemandangan sunrise maupun sunsite. Atau jika beruntung kamu bisa mengambil gambar dengan latar belakang lautan awan yang sangat menawan.

7. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
instagram.com/roh_kyt

Bukit Panguk Kediwung tergolong wisata baru di jogja. Untuk pengelolaannya pun masih terbatas, tetapi sudah tersedia beberapa tempat yang dapat di gunakan pengunjung untuk mengambil foto dengan latar belakang perbukitan yang indah.

Beberapa spot juga di persiapkan oleh pengelola untuk melihat pemandangan atau berfoto dengan latar belakang matahari terbit dan kabut putih sehingga terasa di negeri atas awan.

Untuk lokasi bukit panguk kediwung ini berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika dari pusat kota Jogja jaraknya sekitar 24 km, dan hanya 2 km dari kebun buah mangunan.

8. Tamansari Jogja

Tamansari Jogja
instagram.com/rezaistiawan34

Selain wisata yang kekinian, jogja juga memiliki wisata sejarah antara lain tamansari. Di tamansari kamu dapat menikmati keindahan ekosistem bangunan masa lampau yang masih berdiri hingga saat ini. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar dan mendapatkan informasi mengenai peristiwa di masa lalu.

Tidak hanya berfoto dengan nuansa sejarah, kamu juga bisa mendapatkan foto yang kekinian dan instagramable di tamansari. Lokasinya berada di lorong panjang terakhir saat mau keluar dari komplek tamansari atau bisa juga di sumur gumuling. Tapi kamu harus ekstra sabar, karena tempatnya yang cukup ramai pengunjung.

9. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir parangkusumo

Pernah dengar Gumuk Pasir Parangkusumo? Gundukan pasir yang terletak di kabupaten Bantul ini menjadi salah satu objek wisata di Yogyakarta yang wajib di kunjungi. Lokasinya juga tidak jauh dari pantai parangtritis, dan akan sangat sayang sekali jika di lewatkan.

Nantinya kamu bisa berfoto sepuasnya dengan nuansa timur tengah seperti di negara mesir. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bermain sandboarding di sini. Untuk tiket masuknya tidak ada alias gratis, nanti kamu hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 5000 saja.

10. Bukit Paralayang Parangtritis

Bukit paralayang parangtritis

Bukit paralayang watu gupit ini lokasinya agak jauh dari garis pantai Parangtritis, kurang lebih 3 Km dan jalannya menanjak namun bisa di tempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Nantinya dari atas bukit ini kamu bisa melihat seluruh sisi pantai dari atas ketinggian. Apalagi jika berkunjung di sore hari, kamu akan melihat detik-detik matahari terbenam yang sangat keren. Tapi sebelum itu, kamu bisa membeli cemilan atau gorengan terlebih dahulu agar lebih santai menikmati sunset.

11. Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Embung nglanggeran merupakan danau buatan yang dulunya diperuntukan sebagai irigasi masyarakat sekitar. Lokasinya sendiri berada di Nglanggeran, Patuk, Yogyakarta.

Karena potensi wisatanya yang sangat besar. Membuat danau yang memiliki pemandangan sangat menawan ini menjadi tempat paling favorit untuk di kunjungi. Apalagi tempat wisata ini buka selama 24 jam jadi kamu bisa ke sini kapan saja. Dan untuk wisata malam jogja satu ini tidak kalah keren dengan di siang hari.

12. Watu Payung Gunung Kidul

Watu Payung Gunung Kidul
instagram.com/andreaskenan

Yogyakarta memang memiliki sangat banyak wisata di ketinggian, salah satunya adalah puncak watu payung ini. Lokasinya berada di Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota jogja dengan waktu tempuh 60 menit.

Jika berkunjung kesini kamu dapat menggunakan beberapa spot yang hits dan instagramable untuk mengambil foto dengan background bentang alam yang indah. Bahkan kamu bisa melihat sunrise dan sunsite dari tempat ini, atau jika beruntung kamu juga bisa menikmati indahnya lautan awan.

13. Wisata Kalibiru Jogja

Wisata kalibiru

Jika menyukai wisata dengan ketinggian, maka kalibiru ini adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Lokasinya berada di kabupaten Kulonprogo yang berarti di provinsi Yogyakarta bagian barat.

Di sini nantinya kamu bisa berfoto dari atas panggung dengan latar belakang jurang yang sangat indah. Tapi tenang saja kamu bakalan di bekali dengan alat pengaman ketika naik panggung yang tinggi. Jadi kamu bisa merasa aman dan nyaman sambil berfoto dengan sepuasnya.

14. Situs Warungboto

Situs watungboto jogja

Situs warungboto yang dulunya merupakan tempat pemandian raja atau orang jogja menyebutnya dengan pesanggrahan, ini sekarang sudah di jadikan tempat wisata sejarah seperti halnya di tamansari. Apalagi dari segi bangunan situs warungboto juga mirip dengan yang ada di tamansari.

Karena pada mulanya tempat ini diperuntukan untuk mandi, jadi kamu akan melihat dua kolam yang cukup lebar di bagian tengah bangunan. Di mana satu kolam berbentuk persegi dan satunya lagi berbentuk lingkaran yang ukurannya lebih kecil dengan sumber mata air di tengahnya.

15. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit
instagram.com/iqmaal.13

Yogyakarta memang memiliki banyak hutan pinus yang diubah menjadi tempat wisata, salah satunya adalah seribu batu songgo langit ini.

Tempat wisata yang asri dan indah ini terletak di kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Seribu batu songgo langit memiliki banyak spot foto yang unik dan beragam seperti tempat teater, rumah hobit, rumah seribu kayu negeri dongeng, wisata seribu baru, dan masih banyak lagi.

Jika mengunjungi spot seribu batu dan mengikuti jalan setapak sepanjang kurang lebih 700 meter, kamu akan di suguhi dengan spot foto yang langsung mengarah ke jurang dengan pemandangan yang sangat indah.

16. Puncak Becici

Puncak Becici Yogyakarta
instagram.com/arif_josselalu

Puncak becici merupakan salah satu wisata terbaru di Jogja yang instagramabel dan sangat di gemari oleh kawula muda. Tempat wisata yang berlokasi di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Yogyakarta ini memang menawarkan keindangan alam yang mempesona.

Apalagi jika berkunjung ketika malam hari, kamu bisa berfoto dengan pasangan di objek yang sudah di siapkan dengan latar belakang lampu perkotaan yang indah.

17. Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarata
instagram.com/surfinglens

Jika sedang liburan ke jogja mengunjungi candi Prambanan adalah suatu hal yang wajib. Nantinya di sini kamu bisa berwisata sambil belajar tentang sejarah pada zaman kerajaan masa lampau dengan bukti bangunan yang masih kokoh berdiri.

Tetapi jika berkeinginan mendaptkan foto yang instagramable, kamu juga bisa melakukannya dengan mencari spot foto yang pas dengan latar belakang candi prambanan ini.

18. Candi Sewu

Candi Sewu
instagram.com/jo.chryst

Candi Sewu di ambil dari bahasa jawa yang berarti seribu. Jika di lihat dari namanya, mungkin kamu mengira bahwa candi Sewu ini terdiri dari seribu candi, nyatanya komplek candi ini hanya memiliki sekitar 257 candi yang terdiri dari satu candi utama, delapan candi pengapit dan sisanya merupakan candi pewarta.

Lokasi candi budha terbesar kedua setelah Borobudur ini berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan yang berarti tidak jauh dari candi Prambanan. Untuk tiket masuknya juga tergolong murah, hanya dengan membayar Rp. 10.000 saja kamu sudah bisa menyaksikan kemegahan candi sewu.

19. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
instagram.com/galangwnie

Salah satu candi di Jogja yang populer lainnya adalah candi Ratu Boko atau situs Ratu Boko. Lokasinya berada di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl.

Letaknya yang di ketinggian juga banyaknya pepohonan dan rumput yang serba hijau membuat tempat ini memiliki udara yang sejuk.

Nantinya jika berkunjung kesini kamu akan melihat hamparan sawah, candi dan terkadang juga ada kereta api yang sedang melintas hal tersebut menjadi pesona yang cukup menarik bagi pengunjung. Tidak hanya itu, jika berkunjung di sore hari kamu akan berkesempatan melihat indahnya sunset dari tempat ini.

20. Candi Ijo

Candi Ijo
instagram.com/meh503

Candi Ijo adalah wisata baru di jogja yang wajib kamu kunjungi berikutnya. Situs ini terletak 18 km di sebelah timur Yogyakarta dan dibangun di sebuah bukit hijau atau gumuk ijo pada abad 9 masehi. Candi ijo ini menjadi salah satu candi yang lokasinya tertinggi di Jogja dengan ketinggian 375 mdpl.

Tempat ini menawarkan keindahan panorama alam yang sangat mempesona, terutama jika berkunjung di sore hari kamu bisa melihat sunset dari tempat ini. Dengan biaya masuk yang cukup murah sebesar Rp. 5 ribu, kamu sudah bisa menikmati seluruh keindahannya.

55 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.