PAPANBACA Industri Wajib Tahu, Warna Helm Proyek Bukanlah Variasi, Tapi Ada Artinya

Wajib Tahu, Warna Helm Proyek Bukanlah Variasi, Tapi Ada Artinya

Warna helm proyek, memang berbeda-beda. Pelindung kepala ini merupakan salah satu atribut safety dari beberapa lainnya, yang wajib dipakai ketika berada di sekitar proyek. Nah kalau gak dipakai, bakalan terkena sanksi bahkan bisa dapat SP (Surat Peringatan) dari mandor, atau pengawas yang bertugas dalam keselamatan dan keamanan pekerja. Aturan harus memakai helm proyek, sudah ada sejak tahun 1912. Dikembangkan oleh Worker’s Accident Insurance Institute, kerajaan Bohemia. Uniknya helm proyek ini sendiri memiliki warna berbeda-beda. Tentunya bukan iseng ya, dibalik warna-warna tersebut terdapat makna yang menandakan profesi si pemakai helm proyek.

Berikut makna dibalik warna helm proyek

1. Helm Proyek Berwarna Kuning

warna helmMungkin untuk yang satu ini, seringkali terlihat berada di area kerja proyek. Helm ini dipakai oleh para pekerja proyek umum yang ada di lapangan. Selain itu, juga digunakan oleh orang operator alat berat di proyek. Bahkan juga sub-kontraktor.

Untuk helm proyek warna kuning mungkin kamu sudah sering banget melihatnya. Memang secara profesi yang memakai helm kuning ini, sering dan bisa kamu temui di lapangan. Baik itu di konstruksi mauapun proyek lainnya.

2. Helm Proyek Berwarna Putih

warna helm Bisa dibilang helm dengan kasta tinggi nih. Orang dengan helm ini mempunyai tanggung jawab serta harus punya pengetahuan yang besar. Helm ini dipakai oleh para insinyur proyek, manajer, pengawas, sampai mandor pekerja.

Nah helm dengan warna satu ini, beberapa hari yang lalu sempat tranding karena gajinya. Memang helm ini lebih tingkatan diatas dari helm kuning tadi. Untuk perihal gaji sendiri kembali lagi ke profesi apa yang sedang di duduki. Karena ada beberapa profesi yang memakai helm warna putih ini.

3. Helm Proyek Berwarna Merah

Jika ke daerah proyek, selain melihat pekerja memakai helm proyek berwarna kuning, putih, ada juga yang berwarna merah. Apa profesinya ? Kalau ada pekerja memakai helm proyek berwarna merah. Helm ini tanda dari profesi yang sangat penting.

Tandanya kalau di memakai helm warna merah. dia sedang menempati profesi sebagai Safety Officier, yang bertanggung jawab dan bertugas untuk memastikan semua sistem keselamatan di area proyek. Tanggung jawab ini sangatlah besar loh. Karena tidak boleh kelewat satupun pekerja yang tidak memakai safety. Jika melanggar bisa diberikan sanksi atau teguran.

Baca juga Bekas pertambangan disulap jadi tempat wisata.

4. Helm Proyek Berwarna Biru

 Berikutnya ada helm proyek berwarna biru. Bisa dibilang hanya orang tertentu saja yang memakai helm dengan warna ini. Biasanya dipakai oleh orang berprofesi sebagai supervisor lapangan, operator pada bidang teknik kelistrikan, atau pengawas sementara pada suatu area proyek.

Jadi gak sembarangan orang bisa memakai helm ini. Apalagi kalau cuman buat bercandaan, jangan deh. Karena tidak ada yang tau nantinya bakal gimana. Karena profesi dengan helm ini sangatlah penting juga. Dan tenaggung jawabnya akan kelangsungan proyek juga besar.

5. Helm Proyek Berwarna Hijau

Ada juga yang berwarna hijau. Dari segi warna bisa diketahui profesinya apa. Helm dengan warna ini. Mempunyai tanggung jawab pada bidang lingkungan, tepatnya seorang pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan pada sebuah kondisi lingkungan di tempat yang sedang dibangun.

Profesi ini biasanya orang-orang yang mengamati serta menganalisa bagaimana dampak lingkungan ketika ada berlangsungnya pembangunan. Meskipun tidak berkecimpung dengan alat berat. Tapi profesi ini sangat penting loh untuk sebuah pembangunan.

6. Warna Helm proyek Berwarna Pink

warna helm Ada juga nih yang berwarna pink, helm dengan warna ini dikhususkan bagi para mahasiswa yang sedang menjalani proses magang, bahkan juga dipakai oleh para pekerja yang baru masuk atau bekerja di area proyek. Lebih banyak sih dipakai oleh anak yang sedang magang atau PKL.

TIdak lain fungsinya sebagai penanda kalau mereka sedang menempuh praktik kerja lapangan. Sehingga para supervisor, operator, dan mandor tentunya bisa mengetahui. Serta memberikan tugas yang sesuai dengan apa yang disampaikan dari kampus.

Nah itulah arti dibalik warna helm proyek yang ada di Indonesia

Warna-warna tadi bukanlah kesengajaan atau variasi dari para pekerja, atau dari para bos kontraktor nya. Tapi berdasarkan profesinya masing-masing. Tentunya di setiap warna-warna tersebut ada gaji yang berbeda-beda ya, apalagi yang berwarna putih tuh. Gede banget gajinya. Ya meskipun ketentuan warnanya bisa berbeda dengan negara lain, seenggaknya bisa tau arti dibalik warna tersebut. Semoga bisa menambah wawasan kamu ya, kunjungi artikel menarik lainnya di situs papanbaca. Semoga menginspirasi.

7 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *