Nulis Travel Wisata Kalibiru Jogja: Harga Tiket dan Lokasi

Wisata Kalibiru Jogja: Harga Tiket dan Lokasi

Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru Jogja merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di daerah istimewa Jogjakarta. Sudah bukan rahasia lagi kalau Jogja memiliki segudang obyek wisata menarik, dan terus mengembangkan potensi wisata baru agar para pengunjung tidak merasa bosan untuk terus datang.

Karena dengan semakin maraknya tempat wisata yang menjaring wisatawan untuk datang akan meningkatkan pendapatan daerah dan juga masyarakat sekitar. Manfaat ini sudah mulai dirasakan oleh penduduk yang pendapatan dan taraf perekonomiannya meningkat. Sehingga pemerintah semakin giat untuk mengembangkan tempat wisata yang ada.

Kisah Tentang Wisata kalibiru Jogja

Wisata Kalibiru ini termasuk kawasan wisata alam yang tengah hits di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan menawarkan pemandangan alam khas perbukitan yang dapat melihat hamparan indah di bagian bawah.

Memiliki ketinggian kira-kira 450 mdpl, pengunjung yang datang akan disuguhi panorama yang khas dengan pemandangan Waduk Sermo sebagai latar belakangnya. Selain itu juga bisa melihat perbukitan Menoreh yang tak kalah menawan dari kejauhan.

kalibiru Jogja
instagram.com/cibleparrere

1. Asal Mula Wisata kali Biru

Kalau kamu beruntung datang ke tempat ini di saat cuaca sedang cerah maka kamu bisa melihat deburan ombak pantai selatan dari ketinggian. Sehingga bagi warga masyarakat di sekitar Kulon Progo dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian dengan mudah.

Pada awalnya lahan seluas 29 hektare ini adalah lahan yang sangat gersang dan tandus. Kemudian pemerintah dan masyarakat setempat berusaha keras untuk mengubahnya menjadi tempat wisata yang cukup populer sampai hari ini.

Bahkan kini menjadi salah satu aset kabupaten Kulon Progo yang sangat diandalkan. Menawarkan suasana pedesaan yang dihadirkannya sangat kental, diiringi suasana yang teduh karena dinaungi banyaknya pohon-pohon rindang. Dengan pemandangan hutan dan area perbukitan yang menghampar luas.

Untuk sampai di puncak bukit yang merupakan tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan paling spesial, kamu harus melewati jalan pendakian yang memiliki medan yang cukup berat. Untuk itulah disarankan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup banyak agar tidak lemas karena kurang asupan.

Jangan khawatir kalau misalnya dalam perjalanan bekal minumnya habis. Karena nanti saat sudah sampai di pintu gerbang akan banyak warung yang berjajar menawarkan minuman. Sehingga tidak perlu khawatir kekuarangan minum.

2. Sejarah Wisata Kalibiru

Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan lindung yang terletak tepat diatas perbukitan daerah Kulon Progo. Hutan lindung ini diolah oleh penduduk desa yang sebagian wilayahnya di jadikan sebagai tempat wisata.

Memiliki struktur tanah yang bergelombang, kawasan ini sebelum tahun 1930 adalah perkampungan biasa yang sudah ditempati selama ratusan tahun secara turun temurun. Bahkan di masa lalu Pangeran Diponegoro sempat bersembunyi di Kalibiru saat melawan pemerintahan VOC.

Namun pemerintah Hindia Belanda mengambil alih kawasan ini sebagai penghasil kayu pada tahun 1930 sampai tahun 1945. Dan masyarakat pribumi tidak diperbolehkan menginjak tanah mereka sendiri, dan akhirnya diusir paksa keluar dari wilayahnya sendiri tanpa ganti rugi.

Namun setelah kemerdekaan sampai tahun 1949 kawasan hutan Kalibiru diambil alih oleh pemerintah dan dijadikan hutan milik negara. Kemudian dirawat dengan baik dan dijadikan daerah tangkapan air yang memenuhi kebutuhan penduduk di sekitarnya.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Kalibiru Kulon Progo

Wisata kalibiru Jogja
instagram.com/adrianusyulian

Tempat Wisata Kalibiru yang alami ini berada di jalan Waduk Sermo, Desa Kalibiru, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Kalau kamu akan pergi ke tempat wisata ini dari kota Jogja maka jarak yang harus ditempuh adalah  40 kilometer ke arah barat. Namun kalau ditempuh dari kota Wates Kulon Progo hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 10 kilometer saja.

Kalau ingin mengunjungi tempat wisata ini, kamu dapat sekalian berkunjung ke tempat wisata lainnya yang ada di dekatnya seperti Waduk Sermo misalnya. Karena jalan yang dilewati memiliki rute yang searah. Sehingga bisa mengoleksi spot foto yang menarik untuk dibagikan di instagram.

Untuk berkunjung ke Wisata Kalibiru ada tiga rute yang dapat dipilih oleh para pengunjung. Bisa memilih rute mana saja yang paling dekat agar mempersingkat waktu perjalanan. Beberpa rute yang dapat ditempuh tersebut adalah:

1. Rute Yang Dapat Ditempuh Dari Sermo

Rute yang pertama ini adalah rute yang menjadi pilihan para pengunjung, karena bisa sekalian melihat pemandangan bendungan sermo. Jalan yang ditempuh pada rute Sermo ini adalah melalui Sentolo kemudian melewati pengasih kemudian menuju alun-alun Wates.

Dari alun-alun Wates kemudian perjalanan dapat dilanjutkan ke arah RSUD Wates, lalu melewati Beji dan ambil arah ke Sermo lalu sampai ke lokasi wisata kalibiru. Kalau datang dari arah Jogja bisa mengikuti plang penunjuk jalan ke arah kanan yang menuju Pengasih kemudian ke Wates.

2. Rute Yang Dapat Ditempuh Melalui Clereng

Rute kedua yang dapat ditempuh adalah melalui Clereng, rutenya juga sangat mudah dilalui. Selain aksesnya lebih mudah juga waktu yang diperlukan lebih cepat dibandingkan rute yang lain. Tidak memiliki medan jalan yang sulit seperti rute Sermo.

Untuk sampai disana dari kota Jogja, kamu harus mengambil jalur melalui Sentolo dan pengasih kemudian setelah sampai di simpang empat kamu harus mengambil arah ke kanan menuju Clereng. Kemudian dari Clereng bisa langsung menuju ke lokasi wisata.

Namun saat melewati tempat ini kamu harus cukup berhati-hati, jangan sampai kelewatan. Kalau sudah sampai di pasar kecil Clereng kira-kira 300 meter kemudian akan menemukan jembatan yang letaknya di tikungan. Kamu dapat melewati tikungan tersebut kemudian akan menemukan plang kecil yang berisi petunjuk ke arah kiri menuju wisata kalibiru.

3. Rute Yang Dapat Ditempuh Melalui Malioboro

Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro yang sudah terkenal sejak jaman dahulu kala ini. Ternyata saat ingin pergi ke kawasan Wisata Kalibiru dapat juga melalui Malioboro. Setelah dari Malioboro kamu dapat mengambil arah ke Purworejo, kemudian mengikuti jalan tersebut sampai ke terminal Wates.

Setelah sampai di terminal Wates, jangan lupa memperhatikan petunjuk arah ke Waduk Sermo. Ikuti petunjuk arah tersebut karena lokasi Waduk sermo dan Wisata Kalibiru memiliki arah yang sama. Sehingga nanti pasti akan ketemu lokasi wisata yang sedang ngehits tersebut.

Dari ketiga rute diatas kamu dapat memilih yang paling nyaman dan aman untuk dilewati, terutama kalau membawa kendaraan sendiri. Jangan lupa memastikan kendaraan yang akan dibawa dalam kondisi yang baik. Yang paling penting seperti rem, gas dan bahan bakar harus benar-benar dipastikan dalam kondisi yang baik dan siap.

Spot Foto Paling Instagramable di Wisata Alam Kalibiru

Spot Foto Paling Instagramable di Wisata Alam Kalibiru
instagram.com/aprilliatirahmat

Sudah menjadi kebiasaan orang-orang di jaman sekarang yang menginginkan spot unik untuk dijadikan latar belakang fotonya. Sehingga sebaiknya menyiapkan dengan baik kamera atau handphone yang kualitas kameranya bagus agar dapat menangkap setiap momen dengan baik.

Namun kalau kelupaan tidak membawa kamera atau handphone kamu tidak perlu khawatir karena disini ada jasa foto. Para fotografer yang standby sudah berpengalaman dan pandai untuk mengatur atau mengarahkan gaya sehingga gambar yang dihasilkannya pasti bagus dan instagramable.

1. Taman Di Lokasi Wisata Kalibiru

Spot foto yang pertama kali diambil oleh para pengunjung biasanya adalah area taman yang ada di kawasan wisata. Area taman ini sangat menyenangkan untuk dijadikan latar belakang foto bersama rombongan. Keren juga untuk mengambil gambar bersama pasangan sebagai kenang-kenangan.

2. High Rope Game Di Lokasi Wisata Kalibiru

Kemudian setelah memasuki lokasi wisata kamu dapat mencoba untuk mengambil gambar di highrope game yang posisinya berada di ketinggian. Biasanya agar bisa menikmati fasilitas ini harus sabar mengantri di jam-jam ramai dengan membeli tiket seharga Rp 35.000,- untuk setiap orang di loket yang sudah tersedia.

3. Spot Panggung Di Lokasi Wisata Kalibiru

Lokasi yang ketiga ini juga cukup menjadi favorit oleh para pengunjung yang datang. Meskipun panggung ini dibuat dari kayu namun cukup kuat untuk menampung banyak orang. Sehingga bisa digunakan untuk mengambil gambar bersama teman-teman bersamaan.

Namun agar dapat mengambil foto di panggung dan di spot foto bundar atau tampir harus membayar terlebih dahulu seharga Rp 15.000,- tiap orang. Namun disaat jam ramai pengunjung, kamu harus sabar mengantri untuk menunggu giliran.

4. Spot Gardu Pandang Atau Rumah Pohon

Dikenal sebagai pelopor foto kekinian dengan latar belakang pemandangan yang menawan dari atas pohon. Spot ini juga banyak peminat. Dari atas gardu pandang ini selain bisa mengambil gambar yang keren juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang sangat eksotis dan memikat.

5. Spot Bundar Dari Atas Ketinggian

Sama dengan spot gardu pandang, mengambil gambar di spot bundar atau kotak yang ada di lokasi Wisata Kalibiru ini akan memberikan latar belakang pemandangan yang luas. Karena spot ini tidak menyatu dengan pohon, sebaiknya lebih berhati-hati lagi agar tidak terjatuh dari ketinggian. Spot ini bertarif sama dengan spot panggung yaitu seharga Rp 15.000,- tiap orang.

6. Spot Flower

Karena pengunjung terus berdatangan dan membuat antrian semakin panjang di berbagai spot foto yang ada. Maka pihak pengelola membuat spot yang baru yang pijakannya berbentuk bunga. Dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan waduk Sermo dan perbukitan Menoreh dari kejauhan.

7. Spot Kano Terbang

Yang tak kalah keren lagi berfoto di tempat ini kamu dapat membuat gambar di spot kano terbang. Seakan-akan mengayuh kano di lautan udara, bukan lautan air. Kano ini digantung diudara sehingga saat digunakan seperti sedang terbang saja, seru bukan?

8. Spot Sepeda Langit Atau Sky Bike

Spot yang satu ini khusus untuk yang bernyali tinggi terutama untuk yang tidak takut dengan ketinggian. Karena sepedanya akan berjalan dengan menggantung di udara melewati seutas tali. Sangat cocok buat yang senang memacu adrenalin.

9. Spot Flyng Fox

Wahana flyng fox juga tersedia di tempat ini, dengan membayar tiket seharga Rp 15.000,- kamu sudah dapat merasakan sensasi terbang layaknya kelelawar. Terbang dengan diikat tali sembari meluncur ke bawah, sungguh memacu adrenalin dan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

10. Spot MTB Downhill Track

Kemudian salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan bagi pecinta olahraga sepeda adalah olahraga mountain bike atau sepeda gunung. Karena memiliki struktur jalanan naik turun yang sangat cocok untuk dijadikan track downhil.

11. Spot Batu Kris Bennet atau Chris Bennett

Sebenarnya spot ini hanya sebuah batu gunung pada umumnya yang memiliki diameter 3-4 meter. Kenapa dinamakan dengan batu Chriss Bennett, rupanya untuk mengenang seorang aktivis lingkungan dari Kanada yang pernah tinggal berbulan-bulan dengan warga.

Kemudian untuk mengenangnya warga memberi nama sebuah batu yang ditemukan di lokasi ini dengan nama batu Chriss Bennet. Meskipun begitu banyak juga yang senang mengambil foto di batu ini untuk kenang-kenangan.

12. Spot Foto Dengan Burung Hantu

Yang tak kalah unik dari spot ini adalah berfoto dengan burung hantu. Karena di lokasi ini terdapat beberapa burung hantu yang dapat diajak untuk berfoto dengan membayar seikhlasnya saja, tidak ada patokan harga khusus.

Itulah dua belas spot untuk berfoto yang paling unik dan dapat dijadikan latar belakang yang sangat cantik. Sangat sesuai untuk yang sangat eksis di media sosial dan rajin untuk share foto-foto. Bagus juga dijadikan lokasi foto prewed pasangan yang hendak menikah.

Memang banyak sekali destinasi wisata yang menarik di Jogja, sehingga rugi rasanya kalau belum mencoba semuanya. Terutama Wisata Kalibiru Jogja yang sangat lengkap dan memberikan pengalaman berlibur yang luar biasa.

46 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.