Nulis Travel Gumuk Pasir Parangkusumo: Tiket Masuk dan Lokasi

Gumuk Pasir Parangkusumo: Tiket Masuk dan Lokasi

Gumuk Pasir Parangkusumo

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar Gumuk Pasir Parangkusumo, pastinya membayangkan hamparan pasir yang sangat lembut bukan? Ya kamu benar, karena destinasi wisata yang sangat ngehits di Jogja ini merupakan tempat wisata berpasir yang sangat indah.

Salah satu tujuan wisata yang menawarkan pesona alam ini menjadi surganya para pecinta kegiatan outdoor. Sangat cocok sebagai sarana refreshing yang sangat menyenangkan. Bahkan kamu juga bisa menjajal aktivitas sanboarding yang biasanya hanya ada di luar negeri saja.

Lokasi dan Rute Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Untuk dapat menikmati keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo ini tidak memerlukan perjuangan yang sangat rumit dan tangguh. Seperti melewati jalanan berliku atau terjal dan naik turun, yang bisa membuat banyak orang mabuk darat.

Karena lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat wisata pantai yang sudah terkenal dari jaman dahulu yakni pantai Parangtritis. Membuat destinasi ini sangat mudah diakses baik dengan mobil maupun dengan kendaraan bermotor.

Gumuk Pasir Jogja
instagram.com/greefhashina_

Berada tepat di JL. Pantai Parangkusumo, kecamatan Kretek kabupaten Bantul, bisa dicapai selama satu jam perjalanan dari Malioboro. Atau kira-kira jarak tempuhnya adalah 30 km, perjalanan yang tidak lama kalau tidak terjebak macet.

Kamu bisa menggunakan kendaraan umum untuk sampai di tempat ini dengan mudah. Banyak sarana transportasi yang dapat digunakan dengan tarif yang cukup terjangkau, seperti Bus Transjogja yang dapat dinaiki sampai ke terminal Giwangan. Kemudian bisa ganti jurusan Parangtritis dan dilanjutkan dengan jalan kaki kira-kira 25 menit.

Namun kalau kamu sudah merasa sangat lelah karena perjalanan yang sangat jauh dari lokasi. Maka kamu bisa memilih menggunakan ojek online saja dari Jogja, sehingga akan sampai di tujuan tanpa perlu bergonta-ganti kendaraan.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Jogja

Banyak sekali wisata Jogja yang tidak mematok biaya mahal untuk dikunjungi. Salah satunya adalah destinasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini, karena harga tiket masuknya gratis.

Namun, untuk dapat merasakan sensasi seperti di padang pasir ini, kamu hanya perlu membayar parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Jika ingin menyewa papan sandboarding jumlah biaya yang harus kamu keluarkan sebesar Rp. 150.000.

Dan yang perlu kamu tahu lagi adalah tempat ini selalu buka 24 jam, sehingga kamu bisa bebas berkunjung kesini kapan saja.

Baca Juga : Bukit Paralayang Parangtritis

Gumuk Pasir Parangkusumo Adalah Fenomena Alam yang Unik dan langka

Gumuk Pasir
instagram.com/laodemuhammadruslan

Gumuk Pasir Parangkusumo dikenal sebagai salah satu fenomena alam yang unik dan langka di dunia. Karena tidak semua tempat gurun pasir yang memiliki karakter seperti ini. Gurun ini terbentuk karena curah hujan yang tinggi.

Material vulkanik dari gunung Merapi yang hanyut terbawa aliran sungai Progo, sungai Opak dan banyak lagi sungai di Jogja yang mengalir ke pantai Parangtritis. Kemudian material yang hanyut ini akhirnya terdampar ke daratan menjadi butiran-butiran yang halus.

Selama proses jutaan tahun berlalu, berton-ton pasir yang menumpuk karena terbawa oleh tiupan angin akhirnya menjadi hamparan gurun pasir yang luas, tidak kalah dengan gurun pasir yang ada di Arab maupun di Afrika.

Pesona gumuk pasir pesisir yang eksotis hanya ada di Asia Tenggara seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Karena guratan-guratan yang terbentuk sangat cantik, akan menjadi latar belakang yang unik saat mengambil gambar.

Pesona Gumuk Pasir Parangkusumo Yang Mejadi Daya Tarik Para Pengunjung

Kalau kamu ingin merasakan sensasi gurun pasir seperti di daerah Afrika, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Cukup pergi ke Jogja saja agar mendapatkan spot foto yang instagramable untuk dibagikan ke media sosial.

Beberapa daya tarik yang menjadi pemikat bagi para pengunjung untuk berwisata ke Gumuk Pasir Jogja dibawah ini juga akan membuat kamu penasaran untuk mengunjunginya. Kalau tidak percaya simak dahulu ya, ulasan dibawah ini!

1. Gumuk Pasir Khas Asia Tenggara

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu gumuk pasir khas Asia Tenggara yaitu barchan, sehingga saat masuk ke lokasi ini akan mendapati gapura yang bertuliskan Gumuk Pasir Barchan. Bukit pasir ini adalah hasil karya angin yang bertiup selama ratusan tahun dengan ciri khas ketinggian 5-15 meter.

Pada umumnya gumuk pasir tipe ini terjadi di tempat yang memiliki iklim yang kering. Namun anehnya gumuk pasir jogja ini terjadi pada iklim yang basah, sehingga menjadi fenomena langka yang menarik perhatian dunia. Karena seharusnya tidak dapat terjadi pada iklim seperti di Indonesia yang basah.

2. Tempat Sandboarding Yang Keren di Asia Tenggara

Sandboarding Gumuk Pasir Jogja
instagram.com/marsanofaj

Meskipun kebanyakan orang yang main sandboarding itu ada di luar negeri, namun sekarang juga sudah merambah ke Indonesia. Gumuk seperti ini juga ada di Vietnam dan Filipina, namun ternyata yang memenuhi syarat hanyalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Sehingga hal ini menjadikannya sebagai satu-satunya tempat yang memenuhi standar di Asia Tenggara. Ini merupakan salah satu kebanggaan bagi Indonesia, karena menjadi tujuan wisata para pemain sandboarding mancanegara.

Serupa dengan bermain surfing yang menaklukan ombak, sandboarding ini merupakan olahraga menaklukan gundukan pasir. Kamu dapat mencoba keseruannya dengan merogoh kocek seharga Rp. 150.000 untuk menyewa papan seluncur sepuasnya. Bahkan bisa meminta bantuan pelatih kalau belum bisa menggunakannya untuk meluncur diatas pasir dengan baik.

Gundukan pasir yang memiliki ketinggian satu sampai dua meter dapat dipilih para pemula, namun kalau sudah mahir dapat menggunakan yang memiliki ketinggian lima sampai dua puluh meter. Mungkin awalnya akan terasa susah, namun saat sudah menguasainya akan merasakan sensasi yang menyenangkan.

Alangkah baiknya sebelum mulai mencoba sandboarding kamu melatih keseimbangan badan agar tidak terjatuh saat meluncur. Karena tempat ini merupakan tujuan wisata yang ramai, nggak lucu rasanya kalau menjadi tontonan orang karena terjatuh dengan tragis.

3. Tempat Mengambil Foto Dan Syuting Video Klip Bernuansa Sahara Jogja

Pesona lainnya dari gurun saharanya Jogja ini adalah melakukan penjelajahan dengan menaiki mobil jeep. Mengelilingi lembah dan bukit berpasir kamu akan merasakan sensasi seperti sedang berwisata di Dubai.

Biasanya banyak calon pengantin yang menggunakan Gumuk Pasir Parangkusumo ini untuk mengambil foto prewed. Karena latar belakangnya yang khas dan cantik sehingga gambar yang dihasilkannya juga akan terlihat sangat mempesona. Terutama saat dipajang dalam pesta sekali seumur hidupnya.

Untuk mendapatkan gambar terbaik, pengunjung bisa datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini saat menjelang sore hari. Karena panorama matahari tenggelam akan terlihat sangat cantik saat berpadu dengan lautan pasir yang menawan.

Tak hanya menjadi tempat berfoto saja bahkan beberpa waktu yang lalu grup band asal Jogjakarta, Letto juga mengambil video klip dengan latar gumuk pasir jogja ini. Sehingga hasil video klipnya terlihat sangat eksotis dan membuat penasaran banyak orang.

Rupanya bukan hanya Letto saja yang pernah mengambil gambar disini. Penyanyi cantik Indonesia yang sudah go internasional, Agnes Monica. Juga pernah membuat video klip di tempat ini untuk lagunya yang berjudul Godai Aku.

Beberapa keunikan dan kelebihan dari destinasi wisata ini masih banyak lagi yang bisa diexplore, ditambah dengan nikmatnya kuliner yang tersaji di deretan warung yang ada. Tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam-dalam karena biasanya ditawarkan dengan harga yang bersahabat.

Itulah beberapa daya tarik Gumuk Pasir Parangkusumo yang menanti untuk kamu kunjungi. Jangan kalah dengan turis luar negeri yang sudah menghabiskan banyak waktunya digurun saharanya Jogja ini. Semoga liburan yang akan datang bisa mencoba sensasi sandboarding yang bikin ketagihan ini ya?

47 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.