Nulis Internet Cara Membuat Mega Menu di WordPress

Cara Membuat Mega Menu di WordPress

Cara Membuat Mega Menu di WordPress

Apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat mega menu di website WordPress? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Mega menu memungkinkan kamu untuk membuat menu dropdown multi kolom ke navigasi situs dengan tampilan media seperti gambar dan video. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mudah membuat mega menu di situs WordPress.

Mengapa Harus Membuat Mega Menu Pada Website

Mega menu memiliki banyak fungsi, hal ini sangat di butuhkan jika website kamu memiliki banyak konten. Karena dengan menggunakan menu jenis ini, maka kamu bisa menampilkan lebih banyak item di menu navigasi.

Sudah banyak website besar dan populer menggunakan mega menu untuk menampilkan menu navigasi yang sangat menarik dan interaktif bagi pelanggan mereka.

Jika kamu menggunakan WordPress, saat ini sudah sangat banyak tema yang memiliki fitur mega menu bawaan. Namun, jika tema website tidak mendukung kamu dapat membuatnya sendiri menggunakan plugin yang tersedia gratis.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara membuat mega menu di website WordPress.

Menambahkan Mega Menu di WordPress

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin mega menu untuk WordPress yaitu Max Mega Menu. Panduan lebih lengkap lihat artikel kami tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah berhasil di aktivasi, secara otomatis plugin akan menambahkan item baru bernama “Mega Menu” di menu samping area admin WordPress. Klik menu tersebut untuk membuka halaman pengaturan plugin.

Settings Mega Menu

Pengaturan default kemungkinan akan berfungsi untuk sebagian besar website.

Namun, jika kamu perlu untuk mengubah tampilan atau warna background pada menu. Kamu dapat mengunjungi halaman pengaturan mega menu dengan beralih ke tab Menu Themes.

Theme Settings Mega Menu

Jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Sekarang setelah selesai melakukan konfigurasi pada mega menu, saatnya kita buat mega menu pada website.

Pertama, kamu harus membuka halaman Appearance > Menus dan kemudian menambahkan item ke menu navigasi. Tetapi jika sebelumnya sudah ada kamu tidak perlu melakukannya lagi, tinggal memilih menu yang akan di edit.

Selanjutnya, pada layar menu kamu perlu mengaktifkan mega menu dengan memberi tanda centang pada kotak di bagian “Max Mega Menu Settings”.

Aktifkan Max Mega Menu Settings

Setelah itu kamu harus mengarahkan cursor ke item menu untuk menampilkan tombol Mega Menu.

Klik tombol tersebut, dan akan muncul popup yang dapat kamu gunakan untuk mengonfigurasi tampilan mega menu. Seperti memilih tampilan sub menu, menyembunyikan item, mengatur posisi, dan menambahkan icon ke mega menu.

Bahkan disini kamu juga dapat menggunakan widget WordPress dan memilih jumlah kolom yang ingin di tampilkan.

Tambahkan Widget Mega Menu

Jika sudah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan.

Sekarang kamu bisa menutup popup tersebut dan mengunjungi website untuk melihat mega menu yang sudah di buat.

Tampilan Mega Menu

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara membuat mega menu di WordPress. Mungkin kamu juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara membuat child theme WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *