Cara Menambahkan Awalan Sponsored di Judul Postingan

Cara Menambahkan Awalan Sponsored di Judul Postingan

Apakah kamu ingin menambahkan awalan “Sponsored” secara otomatis ke judul postingan situs WordPress?

Setelah kamu menerbitkan postingan sponsor, maka kamu perlu untuk membedakan postingan asli dengan hasil dari sponsor. Misalnya saja, dengan menambahkan label “Sponsored” pada judul postingan tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan awalan “Sponsored” secara otomatis ke judul postingan di blog WordPress.

Mengapa Harus Menambahkan Awalan Sponsored ke Postingan?

Setelah berhasil membuat blog yang memiliki banyak lalu lintas, maka kamu mungkin berpikir bagaimana cara untuk memonetisasinya. Di zaman sekarang ini, kamu dapat menggunakan aktifitas blogging yang bisa jadi itu merupakan hobi untuk menghasilkan uang secara online.

Salah satu cara yang dapat kamu manfaatkan adalah postingan bersponsor. Nantinya perusahaan akan membayar kamu untuk mereview produk mereka, dan mempromosikannya kepada pembaca di blog yang kamu miliki. Biasanya kamu di bayar untuk satu produk yang di review atau menjalin kontrak dengan mereka.

Agar nantinya pembaca dan pihak perusahaan bisa membedakan mana postingan yang asli dan sponsor, maka kamu perlu membedakannya. Salah satu cara yang dapat kamu gunakan adalah dengan menambahkan awalan ke judul postingan sponsor.

Kami akan menunjukkan cara melakukannya pada panduan ini, menggunakan cuplikan kode dan bidang khusus.

Bidang khusus dapat di gunakan untuk menambahkan informasi apapun yang terkait dengan pos, halaman, atau custom post ke tema kamu. Maka dari itu, kita akan menggunakan bidang khusus ini untuk menambahkan label “sponsored” ke postingan.

Agar nantinya dapat menampilkan prefix “Pponsored” ke judul postingan, maka kamu harus mengedit file functions.php tema WordPress untuk menambahkan custom code.

Cara Menambahkan Bidang Kustom Postingan Bersponsor

Pertama, mulailah dengan membuka salah satu postingan bersponsor yang sudah ada atau buat yang baru. Biasanya bagian bidang khusus ini berada di bawah konten editor. Namun, jika kamu tidak melihatnya, maka kamu harus menampilkannya.

Cara menampilkan metabox bidang khusus ini kadang berbeda tergantung kamu menggunakan jenis editor block atau classic editor versi lama.

Jika menggunakan block editor, maka kamu perlu mengklik menu titik tiga di sudut kanan atas dan memilik Preferences.

Pilih Preferences

Kemudian akan muncul popup preferensi di mana kamu harus beralih ke tab panels dan menggeser togle si samping Custom fields. Setelah itu, klik tombol Enable & Reload untuk memuat ulang post editor.

Aktifkan custom field block editor

Tetapi, jika kamu masih menggunakan classic editor WordPress versi lama, maka kamu perlu mengklik tombol Screen Options di sudut kanan atas. Setelah menu terbuka, kamu bisa memberi centang pada kotak di samping opsi Custom Field.

Aktifkan custom field di classic editor

Pos editor akan memuat ulang, dan ketika menggulir ke bawah konten editor, maka kamu sudah dapat melihat panel custom field.

Tampilan bidang custom field

Untuk menambahkan bidang custom baru, cukup masukkan sponsored di kolom Name, dan True di kolom Value.

Tambahkan bidang baru di custom field

Selanjutnya, kamu perlu menyimpan postingan dan gulir ke bawah ke custom meta box. Kamu akan melihat bahwa meta box sekarang menampilkan manu dropdown.

Lain kali jika menulis postingan bersponsor, yang perlu kamu lakukan adalah memilih “sponsored” dari menu dropdown dan memasukkan “true” di kolom Value.

Tampilan metabox

Cara Menambahkan Awalan Sponsored di Judul Postingan dengan Code

Setelah menambahkan bidang custom sponsored ke postingan. Sekarang kamu perlu menambahkan kode yang akan menampilkan awalan sponsored di judul postingan.

Untuk melakukannya, kamu perlu menyalin dan menempelkan cuplikan kode di bawah ini ke dalam file functions.php tema atau menggunakan plugin code snippets.

Pada tutorial ini, kami menggunakan plugin Code Snippets untuk menambahkan kode ke situs kami. Kamu dapat melihat artikel kami tentang cara menambahkan custom kode di WordPress untuk panduan lebih lanjut.

Custom kode di code snippets

Setelah kamu menyimpan dan mengaktifkan cuplikan, WordPress akan mulai menampilkan awalan. Coba kunjungi postingan yang kamu edit sebelumnya, dan kamu akan melihat “Sponsored Post” di depan judul postingan.

Tampilan sponsored post di judul postingan

Jika kamu memahami mengenai code snippets, maka kamu akan melihat bahwa kami telah membungkun teks sponsored post di dalam class CSS yang kami beri nama “sponsored_text”. Kamu dapat menggunakan class CSS ini untuk mengatur teks di dalam judul postingan.

Berikut adalah sedikit CSS yang dapat kamu tambahkan ke stylesheet tema atau child themes. Jika kamu baru mengenal CSS, pastikan untuk melihat panduan kami tentang cara menambahkan custom CSS di WordPress.

Tampilan teks sponsored dengan css

Kode di atas membuat background teks menjadi biru dengan ukuran font sedang. Itu juga menambahkan sedikit jarak di sekitar teks. Kamu bisa memodifikasi CSS sesuai dengan yang kamu sukai dan jangan ragu untuk melakukan itu.

Cara Menambahkan Sponsored Post di Akhir Judul dengan Kode

Kamu mungkin saja ingin menambahkan kata “Sponsored Post” di akhir judul postingan, bukannya di awal. Maka kamu dapat menggunakan cuplikan kode berikut ini untuk melakukannya.

Kode sponsored post di akhir

Saat kamu mempelajari kodenya, kamu akan melihat bahwa kami hanya membuat dua perubahan. Kami menambahkan satu spasi huruf sebelum teks sponsored, dan kemudian kami mengubah urutan $title untuk di tampilkan terlebih dahulu.

Sponsored teks di akhir judul postingan

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menambahkan awalan sponsored di judul postingan blog WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

14 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *