Nulis Internet Cara Memperbaiki RSS Feed Error WordPress

Cara Memperbaiki RSS Feed Error WordPress

Cara Memperbaiki RSS Feed Error WordPress

Apakah kamu menemukan error pada RSS feed di situs WordPress? RSS feed ini sendiri biasa di gunakan untuk membantu pengguna berlangganan blog kamu menggunakan aplikasi pembaca seperti Feedly.

Umpan RSS di tulis menggunakan bahasa markup XML, sehingga jika ada kesalahan kecil di feed ini dapat membuatnya tidak dapat di baca. Sehingga pengguna tidak akan bisa melihat konten baru dari situs kamu menggunakan umpan berita mereka.

Begitu juga dengan aplikasi lain yang memanfaatkan pembaruan konten dari RSS feed, tidak akan mendapatkan update terbaru saat RSS feed error.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada kamu cara memperbaiki kesalahan RSS feed di WordPress. Kami juga akan sedikit membahas hal apa saja yang bisa menyebabkan kesalahan dan bagaimana menghindarinya di masa mendatang.

Kesalahan Umum Yang Terjadi Pada RSS Feed WordPress

Kesalahan RSS feed WordPress yang paling umum terjadi karena di sebabkan oleh pemformatan yang buruk.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, WordPress membuat RSS feed menggunakan XML yang merupakan bahasa markup paling ketat. Sehingga dengan adanya baris yang hilang atau tab tambahan dapat merusak RSS feed situs kamu.

Biasanya error yang muncul pada RSS akan terlihat seperti ini:

Namun, pesan kesalahan RSS feed yang muncul bisa saja berbeda. Tergantung dari browser yang kamu gunakan.

Atau jika kamu megunjungi halaman feed di browser, mungkin saja kamu akan melihat pesan kesalahan seperti ini.

Untuk website yang menggunakan FeedBurner, pesan kesalahan mungkin akan terlihat berbeda.

Sekarang, mari kita lihat apa penyebab kesalahan RSS feed ini dan cara memperbaikinya.

Memperbaiki Kesalahan RSS Feed Secara Manual di WordPress

Alasan yang paling sering terjadi kenapa RSS feed menampilkan kesalahan adalah pemformatan yang buruk. Kesalahan pemformatan ini bisa disebabkan oleh ruang kosong setelah menutup tag php di plugin atau di file functions.php tema.

Jika kamu baru saja menambahkan cuplikan kode ke dalam file functions.php. Maka kamu harus memeriksa kembali kode tersebut.

Coba lihat pada penutup tag php di akhir fungsi, pastikan bahwa tidak ada spasi atau jeda baris tambahan setelahnya.

Idealnya, tag penutup php tidak di perlukan di akhir file. Inilah alasan mengapa akan lebih baik jika kamu menghapus tag penutup php tersebut.

Seharusnya ini sudah memperbaiki masalah yang kamu alami. Namun, jika tidak berhasil menghilangkan kesalahan RSS feed pada situs kamu, simak tutorial ini sampai selesai.

Nonaktifkan Plugin Yang Terkait Dengan RSS Feed

Jika kamu menggunakan plugin WordPress yang bertujuan untuk menyesuikan custom konten di RSS feed atau membuat RSS feed baru, maka kamu perlu menonaktifkan plugin tersebut.

Jika kamu tidak yakin, cobalah untuk menonaktifkan semua plugin terlebih dahulu.

Nonaktifkan semua plugin wordpress

Selanjutnya, periksa RSS feed untuk melihat kesalahan. Jika kesalahan telah hilang, ini berarti di sebabkan oleh salah satu plugin yang kamu install.

Sekarang kamu dapat mengaktifkan kembali plugin yang sudah di install satu per satu dan sambil memeriksa RSS feed setelah mengaktifkan setiap plugin. Nantinya dengan cara ini kamu akan dapat mengetahui plugin mana yang menyebabkan masalah.

Setelah itu, kamu dapat menghapus plugin tersebut dan mencari pengganti alternatifnya yang memiliki fungsi sama.

Beralih ke Tema Default untuk Sementara

Terkadang, tema WordPress dengan kode yang buruk juga dapat menyebabkan kesalahan pada RSS feed. Untuk melihat apakah masalah yang ada pada RSS feed memang di sebabkan oleh tema yang kamu gunakan. Maka kamu perlu beralih untuk sementara menggunakan tema WordPress default.

Cukup buka halaman Appearance > Themes kemudian klik tombol Activate, jika kamu masih memiliki tema default.

Buka halaman tema

Tema default seperti Twenty Nineteen, Twenty Twenty, Twenty Twenty-One, dan seterusnya. Namun, jika kamu belum menginstalnya atau dulu pernah di hapus, maka kamu dapat mengklik tombol Add New untuk menginstal dan mengaktifkannya.

Install tema baru wordpress

Setelah beralih ke tema default, periksa kembali feed situs WordPress kamu untuk memeriksa kesalahan. Kamu dapat mengunjungi feed di tab baru atau menggunakan alat validator feed berikut.

Jika kesalahan hilang, maka ini berarti tema WordPress yang kamu gunakan menyebabkan masalah. Kamu dapat mengganti dengan tema lain yang sesui dengan website atau menghubungi pengembang untuk mendapatkan dukungan.

Kami harap artikel ini membantu kamu memperbaiki kesalahan RSS feed di situs WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

73 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.