Nulis Travel Bukit Panguk Kediwung: Harga Tiket dan Lokasi

Bukit Panguk Kediwung: Harga Tiket dan Lokasi

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung menjadi salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di daerah Jogjakarta. Memiliki lokasi yang sama dengan kebun Buah Mangunan membuatnya menjadi semakin dikenali pengunjung yang berwisata di daerah Bantul ini.

Menawarkan pemandangan sunrise yang menakjubkan membuat banyak pengunjung yang memburunya disini. Baik wisatawan dalam maupun luar negeri yang berdatangan hanya karena ingin melihat pemandangan yang indah matahari terbit dari tempat ini.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Tidak terlalu jauh dari kota Jogjakarta, membuat Bukit Panguk Kediwung ini menjadi pilihan bagi banyak penduduk kota Jogja yang ingin mencari hiburan sejenak. Terutama anak-anak muda perantauan yang sedang menempuh pendidikan di kota gudeg ini.

Lokasi tepatnya berada di Desa Mangunan kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Tempat ini dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan seperti mobil maupun motor. Kira-kira untuk dapat mencapainya diperlukan waktu satu jam, yang cukup untuk menempuh 24 km dari pusat kota saat tidak macet.

Panguk Kediwung Dlingo
instagram.com/mitta_diana

Penduduk asli dari kota ini tentu tidak akan kesulitan saat ingin datang kesana, namun bagi pendatang yang belum lama tinggal di Jogja lain lagi ceritanya. Ketika bingung mungkin lebih nyaman dengan menyewa rental dengan supir agar tidak tersesat.

Tetapi kalau ingin datang sendiri sambil berpetualang juga tidak perlu khawatir, karena rutenya tidak susah untuk ditemukan. Bisa bertanya kepada penduduk setempat atau lebih praktisnya lagi bisa menggunakan jasa Google Map yang tersedia di handphone.

Ketika kamu datang dari arah Jogja, bisa mengambil arah ke terminal Giwangan. Kemudian dari lampu lalulintas Giwangan bisa mengambil arah ke selatan untuk ke pasar Imogiri. Kemudian jalan yang harus ditempuh selanjutnya adalah ambil jalan ke kiri, ke makam raja Imogiri.

Sebelum sampai ke makam ada pertigaan yang ada plangnya petunjuk arah ke kebun buah Mangunan. Maka kamu tinggal mengikuti arah tersebut karena memang Panguk Kediwung berada di kawasan yang sama. Sehingga dijamin tidak salah jalan dan sampai di tujuan.

Baca Juga : Kebun Buah Mangunan: Tiket dan Rute Lokasi

Pesona yang Memikat Dari Bukit Panguk Kediwung

Lokasi Bukit Panguk Kediwung
instagram.com/roh_kyt

Menawarkan pemandangan yang tidak bisa ditemukan di sembarang tempat, yakni suasana khas dataran tinggi yang menawan. Membuat banyak orang penasaran dengan pesona yang dimiliki oleh puncak Panguk yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Selain pemandangan khas dataran tinggi yang dikelilingi banyak kabut bukit ini juga memiliki beberapa tempat menarik. Lebih lengkapnya lagi mengenai pesona dari Panguk Kediwung ini adalah sebagai berikut:

1. Menyambut Matahari Pagi dari Atas Awan

Fenomena alam tak terlupakan yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung ini adalah sensasi negeri di atas awan yang menyenangkan. Terutama saat pagi hari, menikmati kopi dan sarapan pagi dengan menyaksikan munculnya matahari pagi diatas awan.

Perasaan tinggal di ketinggian dengan kabut yang ada dibawah merupakan fenomena alam yang sangat indah untuk dilewatkan. Sembari menghirup udara segar yang bebas dari polusi dan menyeruput kopi hangat, sungguh rasanya ingin tinggal selamanya di sini.

Perasaan menyenangkan seperti inilah yang diburu oleh orang-orang jaman sekarang. Membuat segala kepenatan hidup menguap sejenak ke udara. Sehingga perasaan damai dan tenang yang ditimbulkannya menimbulkan efek relaksasi.

Membuat pikiran menjadi lebih fresh dan penuh dengan ide-ide baru saat kembali bekerja atau belajar nanti setelah berlibur. Tidak lagi buntu karena rutinitas yang terasa menjemukan karena memiliki ritme yang selalu sama.

2. Menawarkan Spot Foto yang Instagramable

Sudah menjadi rahasia umum kalau pengunjung wisata jaman sekarang tak melulu mencari pemandangan saja, namun juga berburu spot cantik untuk mengambil foto. Sehingga pengelola wisata panguk kediwung pun menyediakan berbagai macam perangkat untuk spot foto yang instagramable.

Beberapa properti yang disiapkan oleh para pengelola tersebut diantaranya adalah kuda terbang, perahu kertas, rumah-rumahan ala aladin dan masih banyak lagi. Memenuhi kebutuhan kaum muda yang aktif di media sosial.

Tak hanya bingkai foto cantik yang diiringi dengan latar pemandangan yang cantik saja yang ada di Panguk Kediwung melainkan juga gardu pandang yang dibuat dari kayu dan bambu. Beberapa gardu ini diletakkan di dua tempat berbeda, yakni sebelah selatan dan sebelah timur.

Namun meskipun sama-sama keren dan unik, gardu sebelah timur lebih laris dibandingkan dengan yang selatan. Ini disebabkan karena gardu timur memiliki latar belakang yang lebih unik dan sangat cantik untuk berfoto.

Agar dapat berfoto di gardu ini kamu cukup membayar Rp. 3.000 untuk durasi foto selama 3 menit. Sayangnya tidak bisa mengambil gambar beramai-ramai di gardu ini karena maksimal pengguna hanya 3 orang pada waktu yang bersamaan.

Meskipun sebelah selatan kurang laris, namun ini bisa menjadi alternative bagi yang ingin berpose rombongan. Karena gardu yang berupa jembatan bambu yang cukup panjang ini bisa digunakan 5-10 orang bersama-sama. Dan serunya lagi berfoto disini gratis alias tidak dipungut biaya sedikitpun.

Fasilitas dan Harga Tiket Bukit Panguk Kediwung

Tiket Bukit Panguk Kediwung
instagram.com/evifania09

Jangan khawatir bahwa berlibur ke Bukit Panguk Kediwung ini akan menghabiskan uang, karena rata-rata jualan disini sangatlah murah. Tidak semahal tempat-tempat wisata lainnya yang biasanya memasang tarif berkali-kali lipat lebih mahal.

Bahkan biaya untuk masuk ke tempat ini cukup murah, yakni RP. 7.000 saja. Sementara untuk biaya parkirnya juga sangat terjangkau. Cukup membayar Rp. 2.000 untuk memarkir motor dan Rp. 5.000 untuk biaya parkir mobil.

Selain biaya parkir yang sangat murah, biaya untuk spot foto juga cukup terjangkau karena hanya mulai dari harga Rp 3.000 saja. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai seperti tempat parkir yang luas, tempat beribadah, kamar mandi, warung dan gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Pedoman Bagi Pengunjung Bukit Panguk Kediwung

Meskipun tempat wisata ini cukup mudah diakses dan dicapai dari kota Jogja. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kenyamanan berlibur. Sehingga tidak akan mengalami hal yang kurang menyenangkan.

Ketika kamu berangan-angan untuk datang ke Bukit Panguk Kediwung di saat liburan nanti. Sebelum memutuskan untuk datang, maka sebaiknya memperhatikan beberapa pedoman dibawah ini agar liburan yang kamu lakukan dapat berjalan dengan sempurna dan menyenangkan:

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang aman agar dapat menikmati semua destinasi dengan selamat.
  • Tidak disarankan memakai high heels karena sebagian areanya berupa tanah sehingga tidak akan nyaman ketika memakai alas kaki yang runcing.
  • Siapkan baju hangat yang tebal untuk yang tidak kuat dingin, juga siapkan baju ganti.
  • Siapkan kamera sekaligus powerbanknya agar bisa mengambil banyak gambar disini.
  • Jaga kebersihan lingkungan, buanglah sampah pada tempatnya.
  • Usahakan datang disaat cuaca cerah, karena di musim penghujan tidak akan menikmati wisata di tempat ini dengan cukup puas.
  • Di musim hujan selain rawan kehujanan juga tanah menjadi licin sehingga cukup sulit dilewati pengunjung.

Beberapa pedoman tadi akan membuat kamu menjadi nyaman dan menikmati liburan dengan maksimal. Jangan lupa mengambil gambar sebanyak mungkin untuk dibagikan ke media sosial sehingga tempat wisata ini semakin terkenal dan dikunjungi semakin banyak wisatawan.

Dengan membagikannya ke media sosial, secara tidak langsung akan membuat tempat ini semakin terkenal. Yang imbasnya adalah jumlah pengunjung yang tertarik untuk datang semakin banyak. Sehingga pendapatan pengelola dan pedagang di tempat ini juga turut meningkat.

Demikianlah pesona Bukit Panguk Kediwung yang dapat kamu nikmati bersama keluarga saat liburan nanti. Sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke kota Jogja, karena lokasinya yang tidak jauh dan menyuguhkan pemandangan yang sangat memikat.

48 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.