Cara Menambahkan Form Login di Frontend WordPress

Cara Menambahkan Form Login di Frontend WordPress

Ketika kamu mengelola situs web yang memiliki banyak pengguna dan mengharuskan mereka untuk login ke situs, menambahkan form login ke frontend akan menjadi sangat penting.

Dengan menambahkan form login ke bagian depan situs web, seperti pada sidebar. Ini akan membuat pengguna menjadi lebih mudah untuk mengakses dashboard area mereka.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara menambahkan form login ke sidebar atau widget area di WordPress.

Alasan Menambahkan Form Login Ke Bagian Frontend Website Sangat Penting

Secara default, halaman login akan menampilkan logo WordPress yang membuat website menjadi kurang professional.

Halaman Login WordPress

Kamu dapat membiarkan hal ini, jika blog yang kamu kelola memiliki skala yang kecil, seperti blog pribadi yang memiliki admin tunggal.

Namun, jika kamu memiliki situs yang mengharuskan pengguna untuk login seperti website toko online atau forum. Maka, menambahkan halaman login ke bagian frontend akan membuat pengalaman pengguna yang lebih baik.

Ada beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan login ke frontend atau sidebar di WordPress. Yaitu, menggunakan cuplikan kode atau plugin.

Pada panduan ini, saya akan menggunakan cara termudah, yaitu menggunakan plugin yang dapat kamu download secara gratis.

Cara Menambahkan Halaman Login di Frontend WordPress

Untuk dapat menambahkan halaman login ke bagian depan website. Kamu dapat menggunakan plugin Theme My Login yang tersedia pada direktori resmi WordPress.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin. Untuk detail lebih lanjut, kamu dapat melihat panduan kami tentang cara menginstal plugin WordPress.

Setelah aktivasi, pada menu kiri area admin buka Theme My Login > General untuk melihat pengaturan plugin.

Pertama, kamu dapat mengatur janis login. Pengaturan Default akan membuat pengguna bisa masuk menggunakan username atau email mereka.

Pengaturan Default Theme My Login

Selanjutnya, kamu dapat memilih pengaturan Registrasi.

Pada menu Password, kamu dapat memberi centang pada kotak untuk mengizinkan pengguna membuat kata sandi mereka sendiri. Dan Auto-Login, akan secara otomatis membawa mereka ke halaman dashboard pengguna.

Atur Halaman Registrasi

Berikutnya, kamu dapat menentukan URL di bagian pengaturan Slugs.

Ketika kamu menentukan tautan pada bagian ini. Secara otomatis URL login default WordPress “domain.com/wp-admin” akan dialihkan ke “domain.com/login”.

Tentukan Slug Halaman

Setelah kamu selesai mengubah tautan, klik tombol Save Changes.

Sekarang untuk mulai menambahkan form login ke bagian frontend atau sidebar website, pergi ke Appearance > Widget.

Kemudian temukan widget Theme My Login, klik untuk menambahkan ke sidebar. Pada bagian Action pastikan kamu memilih Log In.

Tambahkan Widget Theme My Login

Jika menggunakan tampilan Classic Widget. Kamu dapat menyeret widget Theme My Login ke bagian sidebar yang ingin kamu pasang form login.

Widget Classic Theme My Login

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan shortcode [theme-my-login] untuk membuat form login. Pastikan kamu memilih widget Text, kemudian tambahkan shortcode pada kolom yang tersedia.

Form Login Dengan Shortcode

Sekarang kamu bisa melihat pratinjau dari form login pada sidebar WordPress yang sudah kamu buat.

Form Login FrontEnd

Saya harap artikel ini dapat membantu kamu menambahkan form login di frontend dan widget area pada situs WordPress. Kamu mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang cara membuat custom halaman login WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

19 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *