Nulis Internet Cara Merubah atau Menghapus Howdy Admin di WordPress

Cara Merubah atau Menghapus Howdy Admin di WordPress

Cara Merubah atau Menghapus Howdy Admin di WordPress

Apakah kamu pernah melihat tulisan ‘Howdy’ yang ditampilkan pada dashboard WordPress setelah kamu masuk?

Bukankah itu terdengar asing, apakah kamu pernah tau ada orang yang mengucapkan kata tersebut? Saya rasa tidak. Jika kamu tidak menyukai kata tersebut, mungkin kamu bisa mengubahnya menjadi kata yang biasa di gunakan.

Pada panduan kali ini saya akan menunjukkan cara mengubah atau menghapus kata ‘Howdy’ area admin WordPress secara terperinci.

Mengapa Kamu Perlu Mengubah Howdy Pada WordPress?

Howdy yang berarti ‘How do you do’, adalah kata yang di tampilkan setiap kali kamu masuk ke dasbor WordPress, dan selalu di ikuti dengan nama pengguna misalnya ‘Howdy nulis’.Tampilan Howdy nulis

Kamu dapat merubah kata tersebut menjadi suatu kata yang lebih akrab seperti, Selamat datang, Halo, atau Hei. Jika ingin menghapusnya agar menampilkan nama pengguna saja juga bisa.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengubah atau menghapus ‘Howdy’ ini, dan kita mulai dari yang paling mudah, yaitu menggunakan bantuan plugin.

Metode 1 : Menggunakan Plugin Admin Trim Interface

Pertama, kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Admin Trim Interface yang dapat kamu unduh secara langsung dari dasbor WordPress.

Plugin Admin Trim Interface ini dapat digunakan untuk menghapus fitur yang tidak diperlukan dari area admin WordPress, termasuk ‘Howdy’ yang kita bahas sekarang.

Setelah kamu mengaktifkan plugin, Buka halaman Appearance > Admin Trim Interface. Setelah terbuka, kamu akan melihat 10 daftar element yang dapat disembunyikan.

Tampilan Admin Trim Interface

Yang sekarang harus kamu lakukan adalah memberi centang pada 4. Hide “Howdy”?, lalu klik Save Changes untuk menyimpan.

Pilih hide Howdy

Setelah reload otomatis, kamu akan melihat tulisan ‘Howdy’ sudah dihapus.

Howdy Sudah terhapus

Metode 2 : Menggunakan Plugin Admin Customizer

Untuk metode kedua, kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Admin Customizer dari AndolaSoft.

Admin Customize memungkinkan kamu untuk menyesuaikan halaman login dan area admin WordPress, termasuk mengubah kata Howdy menjadi sesuatu yang lain.

Setelah kamu mengaktifkan plugin, buka halaman Settings > AS Admin Customizer. Untuk mengubah tampilan Howdy, klik pada Dashboard Section.

Buka Plugin AS Admin Customizer

Selanjutnya, ketik kata yang akan kamu gunakan pada kolom di samping Update the Howdy Text : dan klik Save Changes jika sudah selesai.

Ubah kata

Info : Kamu tidak perlu menambahkan koma pada akhir kata.

Sekarang kamu lihat apakah tulisan Howdy sudah ganti menjadi Selamat Datang.

Howdy sudah berganti

Metode 3 : Ubah atau Hapus Howdy Menggunakan Kode

Kamu juga dapat mengubah dan menghapus ‘Howdy’ tanpa menggunakan plugin, yaitu dengan menambahkan sedikit kode ke file funchions.php tema.

Jika masih belum terbiasa mengeditnya langsung dari cpanel, kamu dapat mengedit kode menggunakan plugin Code Snippets, tetapi kamu harus menginstalnya terlebih dahulu.

Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan item menu bernama Snippets pada panel kiri. Ketika di klik, kamu akan melihat contoh daftar cuplikan kode.

Untuk membuat kode custom baru klik tombol Add New di bagian atas.

Buat cuplikan kode baru

Setelah tampil halaman baru untuk membuat cuplikan kode. Kamu sudah bisa memasukkan judul dari cuplikan kode yang kamu buat. Setelah itu, salin dan tempel kode di bawah ini ke dalam kolom kode.

Tempelkan kode khusus

Perhatikan baris 4 terdapat kata ‘Howdy’ dan ‘Selamat Datang’.

Kamu juga bisa menambahkan deskripsi untuk apa cuplikan kode ini. Pastikan deskripsi jelas agar kamu mudah memahami di masa mendatang.

Masukkan deskripsi

Kamu juga bisa menambahkan tag, untuk membantu mengurutkan cuplikan kode berdasarkan topik dan fungsionalitas.

Jika sudah, kamu bisa klik tombol Save Changes and Activate. Setelah halaman di reload maka ‘Howdy’ akan ganti menjadi ‘Selamat Datang’.

Berubah menjadi selamat datang

Untuk menggunakan kata yang berbeda, ganti kata ‘Selamat Datang’ pada baris 4 dengan yang lain. Untuk menghilangkan, hapus kata ‘Selamat Datang’ dan koma sehingga tidak ada apa pun di antara tanpa kutip pada baris ke 4. Kode akan menjadi seperti berikut :

Jika kamu ingin mengembalikan tampilan Howdy, cukup matikan togle di halaman Snippets.
Matikan halaman snippets

Seperti itu cara merubah dan menghilangkan tampilan Howdy pada area admin WordPress. Kamu dapat menggunakan cara termudah yang bisa kamu lakukan, baik menggunakan plugin atau tidak. Jika masih memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

3 Likes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *