Cara Menghapus Cache di WordPress

Cara Menghapus Cache di WordPress

Apakah kamu ingin menghapus cache di situs WordPress tetapi tidak tahu cara melakukannya? Jika iya, sekarang berada di halaman yang tepat.

Web browser, server hosting, dan plugin cache semuanya dapat menyajikan konten yang di cache. Hal ini bisa menunda tampilan perubahan website yang sebelumnya sudah kamu buat. Dengan membersihkan cache di situs WordPress akan menjadi jalan keluar untuk mengatasi masalah ini.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menghapus cache di WordPress dengan benar. Tidak hanya itu, kami juga akan membahas mengenai cache browser, cache web hosting, dan plugin cache WordPress populer di panduan ini.

Apa yang Dimaksud Caching di WordPress?

Proses caching nantinya akan menyimpan versi statis website dalam cache. Hal ini memungkinkan WordPress untuk melewati proses menjalankan skrip yang lebih berat setiap kali situs di muat.

Dengan begitu, mengaktifkan fitur caching ini akan membantu dalam meningkatkan kecepatan dan kinerja website, dan juga pengalaman pegguna secara keseluruhan.

Berikut adalah contoh atau cara kerja proses caching:

Proses chaching

Ada beberapa jenis solusi caching yang tersedia untuk WordPress. Metode yang paling populer adalah menggunakan plugin caching WordPress seperti WP Rocket, W3 Total Cache, atau WP Super Cache.

Plugin ini memberi kamu kendali atas file dan media apa yang di cache, kapan cache kadaluwarsa, kapan cache di bersihkan, dan masih banyak lagi.

Bahkan ada beberapa penyedia layanan hosting yang sudah memiliki alat caching WordPress bawaan, sehingga kamu tidak perlu menginstal plugin apa pun di website.

Mengapa Kamu Perlu Menghapus Cache Situs WordPress?

Terkadang plugin cache tidak mendeteksi adanya perubahan yang telah di lakukan pada situs WordPress. Alih-alih memuat versi terbaru dengan perubahan yang sudah di simpan sebelumnya, tetapi plugin masih menampilkan versi lama sebelum adanya perubahan.

Hal ini bisa mencegah kamu dan pengunjung untuk melihat perubahan yang sudah di buat sebelumnya.

Dan dengan menghapus cache WordPress, kamu memastikan versi terbaru website akan di muat dan di tampilkan.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara menghapus cache browser di WordPress.

Metode 1: Bersihkan Cache Web Browser

Pertama, kamu perlu menghapus cache browser web. Sebagian web browser menyimpan konten website statis seperti stylesheet, JavaScript, gambar, dan file website lainnya untuk meningkatkan kecepatan pemuatan.

Namun, terkadang web browser juga mungkin gagal mendeteksi bahwa halaman web telah berubah. Alih-alih mengambil salinan baru, browser tersebut akan memuat halaman dari versi cache yang sebelumnya di simpan.

Untuk mengosongkan seluruh cache di browser seperti Google Chrome, kamu perlu mengklik ikon titik tiga di sudut kanan atas lalu pilih More Tools > Clear Browsing Data.

Clear cache google chrome

Setelah itu akan muncul popup, kamu dapat memilih konten yang ingin di hapus dari cache.

Pastikan pada time range kamu memilih “All time” dan beri centang di kotak sebelah “Cached images and files”, kemudian klik tombol Clear Data.

Clear data di google chrome

Sekarang, kamu telah berhasil membersihkan cache browser. Selanjutnya kunjungi blog WordPress kamu untuk melihat apakah itu sudah menampilkan versi terbaru situs.

Tetapi jika kamu masih tidak melihat perubahan yang telah di buat pada website, coba metode lain yang ada di artikel ini.

Metode 2: Hapus Cache di Plugin Caching WordPress

Jika kamu menggunakan plugin caching WordPress pada situs, maka kamu perlu menghapus cache plugin tersebut untuk menampilkan perubahan pada website.

Berikut ini adalah cara membersihkan cache di beberapa plugin caching WordPress populer.

Hapus Cache di WP Rocket

WP Rocket adalah plugin caching WordPress terbaik saat ini. Di mana plugin ini secara proaktif membangun cache WordPress di latar belakang, sehingga pengguna selalu di sajikan versi cache situs.

Plugin ini juga memberikan kemudahan dalam menghapus file yang di cache dengan hanya satu klik.

Caranya, kamu perlu membuka Settings > WP Rocket dan klik tombol Clear Cache di dashboard plugin.

Dashboard wp-rocket

Sekarang plugin WP Rocket akan menghapus semua file yang di cache pada situs WordPress kamu.

Hapus Cache di WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin caching WordPress yang populer lainnya. Ini memungkinkan kamu untuk menghapus atau membersihkan semua konten yang di cache dengan hanya satu klik.

Caranya, kamu cukup membuka Settings > WP Super Cache dari dashboard admin WordPress, lalu klik tombol Delete Cache di bagian “Delete Cached Pages”.

Clear cache wp super cache

Atau kamu juga bisa menghapus cache melalui toolbar atas di area admin. Sekarang, WP Super Cache akan menghapus semua file cache dari website kamu.

Hapus Cache di W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin caching WordPress yang saat ini sudah banyak di gunakan. Sama seperti plugin lain di atas, kamu dapat menghapus semua cache dengan satu klik.

Kamu harus membuka halaman Performance > Dashboard dan kemudian mengklik tombol Empty all caches.

Clear cache W3 total cache

Atau kamu bisa menghapus semua cache dengan cara mengklik Performance > Purge All Caches di toolbar atas area admin. Setelah itu W3 Total Cache akan menghapus semua konten yang di cache pada situs kamu.

Kami harap artikel ini membantu kamu mempelajari cara menghapus cache di WordPress.

Semoga panduan di atas bermanfaat. Jika kamu memiliki pertanyaan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

21 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *