Nulis Travel Coban Talun: Tiket dan Spot Foto di Dalamnya

Coban Talun: Tiket dan Spot Foto di Dalamnya

Coban Talun

Deretan wisata di Malang memang selalu menarik atensi pengunjungnya, termasuk Coban Talun Malang sebagai salah satu wisata air. Wisata air terjun yang tak jauh dari Pusat Kota Batu ini banyak digemari oleh anak muda karena keindahan dan keunikannya.

Wisata utama di Coban Talun memang air terjunnya, namun di kawasan wisata ini pengunjung juga akan menemukan banyak titik menarik lainnya. Tempat wisata ini cocok buat kamu yang hanya ingin menikmati alam atau berswafoto. Jepretan foto di kawasan Coban Talun juga sangat instagrammable.

Tak hanya objek wisatanya yang menarik, dalam perjalanan menuju kawasan Coban Talun Malang kamu akan dimanjakan dengan pemandangan sekitarnya. Selain pemandangan Gunung Arjuno, kamu juga akan melewati beberapa wisata tanaman hias.

Tentang Coban Talun dan Wahana di Dalamnya

Tempat wisata ini berada di sisi barat Gunung Arjuno dengan pemandangan sekitarnya berupa lahan pertanian warga setempat. Coban Talun Batu sendiri merupakan hulu Sungai Brantas.

Coban Talun Malang
instagram.com/budichexo

Dari kejauhan, kamu sudah bisa melihat dan mendengar derasnya air yang jatuh. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air mencapai 1000 liter per detik. Gerombolan pohon pinus di kawasan tersebut dan suara kicauan burung menambah kesan asri.

Selain air terjunnya, disini juga tersedia spot foto menarik yang bisa kamu nikmati dan beberapa wahana berikut ini:

1. Wahana Apache

Setelah air terjun, wahana Apache Camp menjadi incaran para wisatawan. Apache Camp ini merupakan area kampung berkonsep suku Indian. Di dalamnya terdapat replika rumah-rumah khas suku Indian serta kantin lengkap dengan pernak-pernik berbau budaya Suku Apache.

2. Taman Bunga Berwarna-warni

Spot menarik berikutnya di Coban Talun Malang yaitu kebun bunga yang indah. Taman bunga ini sangat cocok untuk berkunjung bersama keluarga atau anak-anak. Selain untuk berswafoto, taman bunga ini juga terkadang dimanfaatkan untuk foto prewedding.

3. Spot Foto Kekinian

Ada beberapa spot yang kerap dijadikan latar belakang berswafoto seperti Sepeda Unik di sekitar penginapan, Ayunan bambu, Bendungan Sungai menyerupai air terjun mini, dan lain-lain.

4. Pagupon untuk Bermalam

Nah, buat pengunjung yang ingin bermalam, Coban Talun menyediakan Pagupon untuk menginap. Ada beberapa kabin atau Pagupon yang tersedia untuk wisatawan. Seperti namanya, penginapan ini berbentuk mirip dengan rumah burung merpati. Taman berwarna-warni di depannya juga semakin memanjakan penyewa Pagupon.

5. Gardu Pandang Sayap

Tertarik untuk melihat pemandangan alam di sekitar Coban Talun? Cobain deh Gardu Pandang dengan background hutan rimba. Gardu pandang ini memang terbilang masih baru. Gardu yang terbuat dari kayu dan bambu juga dilengkapi dengan replika sayap burung yang terlihat estetik untuk berswafoto.

6. Area Payung Melayang dan Bunga Matahari Raksasa

Di sekitar hamparan kebun bunga, kamu bisa mengambil foto dengan latar belakang payung-payung yang tergantung di langit-langit yang menaungi jalan setapak. Selain itu, bagi yang tidak takut ketinggian, kamu bisa naik panggung kecil yang menyerupai bunga matahari raksasa.

7. Spot Lounge dan Hammock

Selanjutnya ada area hammock yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai dan berswafoto. Hammock-hammock tersebut sangat aman untuk anak-anak maupun orang dewasa. Atau bagi yang ingin sekedar berswafoto, kamu bisa langsung ke Spot Lounge.

Harga Tiket Masuk dan Jam Opersional Coban Talun

Kawasan Coban Talun selalu dibuka untuk umum setiap harinya. Kamu bisa berkunjung dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Namun bagi yang ingin bermalam bisa stay selama 24 jam. Dengan beragam wahana dan spot foto yang tersedia, Coban Talun masih mematok harga yang bersahabat. Harga tiket masuknya yaitu:

  1. Tiket masuk umum sebesar Rp12.000 per orang
  2. Tiket di beberapa spot dan wahana sekitar Rp10.000 per orang

Lokasi dan Rute Menuju Coban Talun Malang

Kamu bisa berkunjung kapan saja ke Coban Talun yang beralamat di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Jika kamu dari Pusat Kota Batu, kamu bisa menuju ke arah Selecta – Cangar, untuk mencari Coban Talun.

Selain dengan kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa memanfaatkan transportasi umum dari terminal Arjosari. Gunakan angkutan untuk ke terminal Landungsari, dan dilanjut dengan angkutan berwarna pink ke terminal Batu. Kamu akan diantar sampai pintu masuk Coban Talun. Selanjutnya kamu bisa berjalan kaki sebentar.

Fasilitas Umum di Coban Talun

Kawasan wisata ini menyediakan fasilitas untuk setiap pengunjungnya seperti area parkir, kantin, mushola, balai serbaguna, dan fasilitas lainnya. Dengan berbagai fasilitas tersebut pengunjung akan semakin nyaman saat berwisata.

Perlu diingat sebelum berkunjung, karena kasawasan Coban Talun Malang berada di ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut, maka suhu udaranya juga cukup dingin. Sehingga pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian hangat dan nyaman.

Mungkin kamu juga ingin berkunjung ke beberapa wisata malang yang ada disekitar coban talun, seperti Omah Kayu Batu dan Paralayang Batu.

59 Likes

Ingin berkontribusi?


Sekarang kamu sebagai pembaca juga bisa berkontribusi pada website ini dengan cara mengirimkan tulisan yang kamu buat, sebagai imbalan kamu akan mendapatkan reward sejumlah uang.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.